Tiga Taman di Area Balai Kota Bandung, Cocok Buat Rekreasi Hari Lebaran di Bandung

Taman Balai Kota Bandung
Taman Sejarah di area Balai Kota Bandung. (Foto: Iwan)

TURISIAN.com – Saat Lebaran di Kota Bandung, selepas kumpul-kumpul keluarga, paling asyik Sobat Turisian keliling kota, wisata kuliner, dan nongkrong di taman-taman tematik. Salah satu tempat favorit saat Lebaran di Bandung, yaitu taman tematik Balai Kota Bandung.

Balai Kota Bandung yang menjadi lokasi Kantor Wali Kota Bandung ini, memiliki sejumlah taman tematik yang asri dan sejuk. Menarik buat Sobat Turisian kunjungi bersama keluarga.

Masuk ke taman-taman tersebut, Sobat Turisian tak akan dikenakan tiket masuk karena memang gratis. Paling hanya bayar biaya parkir saja bagi yang membawa kendaraan pribadi.

Di area gedung bekas gudang kopi pada zaman Kolonial Belanda tersebut, ada tiga taman tematik. Ketiganya memiliki temanya masing-masing.

Berikut ini ketiga taman tematik yang menarik di Kompleks Balai Kota Bandung. Sobat Turisian wajib coba ke sini untuk memeriahkan liburan Lebaran di Bandung.

1. Taman Balai Kota Bandung

Taman Balai Kota Bandung

Taman ini merupakan hasil revitalisasi dari taman sebelumnya yang sudah ada sejak lama. Diresmikan pada 19 Desember 2017 oleh Wali Kota Bandung saat itu, yakni Ridwan Kamil, yang juga sebagai inisiator taman-taman tematik di Bandung.

Baca juga: Cari Suvenir Etnik dan Unik di Bandung? Yuk Merapat ke Galeri Cupumanik!

Dulunya taman ini terkenal dengan sebutan Taman Dewi Sartika atau Taman Badak Putih karena di dalamnya terdapat patung hewan badak berwarna putih. Ada juga kolam dangkal, aliran sungai kecil, kebun binatang mini, taman bunga, kolam air mancur, area bermain anak-anak, dan musala. Di sini pun banyak sudut-sudut ciamik buat latar swafoto Sobat Turisian yang instagenik.

2. Taman Labirin Bandung

Taman balai kota bandung

Berikutnya ada Taman Labirin, yang juga merupakan hasil revitalisasi pada 2017 dari taman sebelumnya yang terkenal dengan nama Taman Merpati Balai Kota Bandung. Sebab memiliki kandang merpati tepat di bawah pohon besar nan rindang.

Di sini, Sobat Turisian bisa menjelajah labirin mini dengan 4 pintu masuk dan merasakan sensasi serunya. Namun labirin ini tak seperti yang ada di film Harry Potter yang memiliki pagar tanaman yang tinggi hingga membuat seram.

Taman Labiriin Bandung ini mempunyai dinding jalur labirin yang tak terlalu tinggi dan tak berkelok-kelok. Dibuat hanya melingkari dua pohon trembesi besar berusia ratusan tahun. Jalur jalannya berlantai granit selebar setengah meter.

3. Taman Sejarah Bandung

Terakhir ada Taman Sejarah yang merupakan taman baru yang dibangun di atas lahan seluas 2,6 km persegi. Terletak di sebelah utara Gedung Balai Kota Bandung. Dulunya area tersebut merupakan Gedung DPRD Kota Bandung.

Taman Sejarah Bandung ini diresmikan oleh keluarga Rd Wiranatakusumah, pada 24 Januari 2017. Pengembangannya sama seperti taman sebelumnya, berlangsung pada masa pemerintahan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Baca juga: Serlok Bantaran, Tempat Wisata Alam Baru di Kota Bandung

Penamaan taman sejarah karena menyajikan informasi tentang sejarah pemimpin Bandung dari masa ke masa. Sobat Turisian bisa mendapatkan informasi tersebut di stand-stand kaca yang berjajar di taman ini.

Sobat Turisian juga bisa menikmati mural warna-warni yang terkesan imut dan menyenangkan bagi anak-anak khususnya Gambar mural itu menceritakan tentang Kota Bandung dari masa ke masa. Mulai dari prasejarah, hingga Bandung saat ini. Termasuk kisah Legenda Tangkuban Perahu. Fasilitas lainnya terdapat kolam renang mini dan playground bagi anak-anak.*

Pos terkait