Arus Kendaraan di Jalur Puncak Menggila, Merayap dan Macet Total

Arus Kendaraan di Jalur Puncak
Sejak pagi hari pukul 10.00 wib, Selasa 3 Mei 2022, arus kendaraan di Jalur Puncak terus bertambah. (Turisian.com/Duta Ilham)

TURISIAN.com – Arus kendaraan di jalur Puncak, Cianjur, Jawa Barat masih terus mengular sepanjang malam ini, Selasa 3 Mei 2022.

Pantauan Turisian.com, dari pagi pada pukul 10.00 wib kendaraan mulai merayap, baik yang dari Cianjur menuju Puncak Bogor, maupun sebaliknya.

Bahkan kendaraan sudah mulai terlihat merayap dari arah Puncak Pass hingga ke Pasar Cipanas. Beberapa petugas yang dikerahkan, juga terlihat kewalahan mengatasi arus kendaraan yang terus bertambah.

“Saya sudah satu jam disini, gak bisa bergerak. Maju cuma sedikit-sedikit,” kata Danang (40) yang memilih istirahat di dekat Wisma Kementerian Tenaga Kerja.

BACA JUGA: Kendaraan Mengarah ke Puncak Bogor Tercatat 66 Ribu Lebih

Kepadatan masih terjadi, telah dilakukan sistem satu arah menuju Bogor yang merupakan rekayasa arus lalu lintas sebagai upaya mengantisipasi macet total dari kedua arah.

Suasana Jalan Raya Ciloto, Puncak Cipanas, Cianjur pada pagi hari, Selasa 3 Mei 2022. Foto: Turisian.com/Duta Ilham

Ini Sejumlah Titik Rawan Macet

Sejumlah titik  rawan macet dengan laju tersendat terlihat di ruas  jalan raya Pacet hingga pertigaan Hanjawar-Puncak.

Puluhan petugas dan tim pengurai kemacetan terus berupaya untuk mengantisipasi kemacetan total.

Bahkan petugas di jalan Raya Pacet mengarahkan pengguna jalan untuk tujuan Cipanas hingga Puncak melintas di jalur alternatif Hanjawar-Pacet.

BACA JUGA: Tingkat Hunian Kamar Hotel di Puncak Diperkirakan Naik Tajam

Tindakan ini dilakukan, guna menghindari antrean terus memanjang. Termasuk melakukan sistem buka tutup satu arah di sepanjang jalur utama.

Sebelumnya pada pukul 14.00 WIB Polres Cianjur sempat memberlakukan sistem satu arah guna antisipasi macet total seiring tingginya volume kendaraan menuju arah Bogor selama 3 jam.

Kendaraan dari arah Puncak Bogor menuju Cianjur terlihat merayap di pertigaan gardu Satlantas Polres Cianjur, Jalan Raya Ciloto, Selasa 3 Mei 2022. (Foto: Turisian.com/Duta Ilham)

Jalur kembali dapat dilalui secara normal Selasa petang. Itu pun masih menyisakan beberapa kemacetan di titik-titik tertentu.

Kapolres Cianjur, AKBP Doni Hermawan, mengatakan selang satu jam diberlakukan kembali jalur normal, antrean kembali terlihat menuju arah Bogor.

Sehingga rekayasa arus dengan cara penyekatan di sejumlah titik rawan diterapkan untuk antisipasi macet terus memanjang dan menyebabkan macet total.

BACA JUGA: Yuk Nikmati 5 Aktivitas Seru di Desa Wisata Tugu Selatan Bogor!

“Untuk titik rawan macet ada penyekatan dan pengendara dialihkan ke jalur alternatif yang ada di Jalan Raya Pacet dan Jalan Raya Cipanas, guna antisipasi antrean terus memanjang,” katanya seperti dikutip Turisian.com dari Antaranews.

Sedangkan untuk penerapan kembali sistem satu arah pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Polres Bogor.

Sifatnya situasional ketika laju kendaraan terhenti dengan ekor antrean lebih dari 5 kilometer selama beberapa puluh menit.

“Kita lihat situasi kalau kembali memanjang dan kendaraan tidak bergerak, kemungkinan kita kembali melalukan sistem satu arah menuju Bogor. Untuk saat ini masih padat merayap dengan laju tersendat,” kata Doni. ***

 

Pos terkait