Ada Rekayasa Lalu Lintas di Taman Impian Jaya Ancol, Perhatikan Ini

Taman Impian Jaya Ancol
Pengunjung Taman Impian Jaya Ancol berswa foto dipinggir pantai. Pengelola Ancol akan memberlakukan rekayasa lalu lintas selama Libur Lebaran 2022. (Turisian.com/Duta Ilham)

TURISIAN.com – Membludaknya pengunjung di Taman Impian Jaya Ancol memaksa pengelola tempat wisata legendaris tersebut memberlakukan rekayasa lalu lintas.

Langkah ini diambil sebagai upaya mengurai penumpukan kendaraan di hari kedua Lebaran, Selasa 3 Mei 2022.

Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung sampai esok, mengingat minat masyarakat untuk berlibur di Ancol sangat tinggi.

Corporate Communication PT Taman Impian Jaya Ancol Ariyadi Eko Nugroho membenarkan hal tersebut, karena antisipasi mesti dilakukan sejak awal sebelum terjadinya kemacetan di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

Sky Swinger atau juga sering disebut wahana Ontang-anting di Dunia Fantasi Taman Impian Jaya Ancol menjadi salah satu favorit pengunjung. (Turisian.com/Duta Ilham)

“Semua pengunjung akan kami arahkan terlebih dahulu ke barat atau ke arah Dunia Fantasi, baru setelah itu mereka dapat memasuki kawasan pantai timur Ancol,” kata Eko saat di temui wartawan di kawasan Pantai Ancol, Jakarta, hari ini seperti dikutip Turisian.com dari siaran RRI.

BACA JUGA: Pengelola Wisata Sudah Harus Gunakan Reservasi Tiket  Daring

Pihaknya juga telah mendapat bantuan dari Dinas Perhubungan berupa kendaraan derek.

Mobil derek tersebut disediakan untuk kendaraan pengunjung yang punya tabiat parkir sembarangan. Alias tidak pada tempatnya hingga mengganggu orang lain yang sama-sama hendak datang berwisata.

“Yang menghalangi kendaraan lain, akan kami pindahkan atau diderek ke area parkir yang tersedia di dalam kawasan Ancol. Kami hanya memindahkan saja, tidak memasukkan itu sebagai pelanggaran,” ungkapnya.

Hindari Bawa Mobil Pribadi

Pengunjung Taman Impian Jaya Ancol (Dufan) antre memasuki amphitheater Ancol. (Turisian.com/Duta Ilham)

Selain itu, ia mengimbau kepada para pengunjung untuk tidak membawa mobil pribadi ketika berwisata ke Ancol.

Karena untuk menghindari kemacetan di Ancol menurutnya mudah, yaitu gunakanlah angkutan umum seperti TransJakarta ketika berkunjung.

BACA JUGA: Yuk Catat Event Jakarta Mei 2022, Buat Rekreasi Abis Lebaran!

Kemudian, di dalam kawasan wisata nantinya pengunjung juga dapat memanfaatkan Bus Wara Wiri yang telah disiapkan sebanyak 10 unit per hari.

“Kami juga memiliki Kereta Wisata Sato Sato, ada empat rangkaian. Fasilitas ini yang akan mengantarkan pengunjung dari pantai timur ke kawasan Dunia Fantasi (Dufan). Keduanya (Wara Wiri dan Sato Sato) adalah fasilitas gratis dari kami untuk semua pengunjung,” tutup Eko. ***

Pos terkait