Pengelola Wisata Sudah Harus Gunakan Reservasi Tiket  Daring

pengelola wisata
Pengunjung Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta saat antre untuk membeli tiket masuk. (iStock)

TURISIAN.com – Era digitalisasi seperti sekarang, mendorong pengelola wisata untuk lebih memahami kebutuhan wisatawan.

Salah satunya dengan memberikan fasilitas reservasi tiket secara daring. Dengan cara ini, tidak saja lebih praktis, tetapi juga membantu pengelola tempat wisata mengatur jumlah pengunjung saat libur lebaran.

“Yang penting bagaimana caranya ‘memecah’ jangan berkumpul di satu tempat,” kata Deputi Bidang Produk Digital dan Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Muhammad Neil El Himam seperti dikutip Turisian.com dari Antaranews, Rabu 27 April 2022.

Taman Margasatwa Ragunan adalah salah satu contoh tempat wisata yang mewajibkan pengunjung untuk mendaftar secara daring sehari sebelum berkunjung.

BACA JUGA: Bosscha, Tempat Wisatawan Melihat Hamparan Bintang di Langit Bandung

Penerapan aturan tersebut bisa membantu agar pengunjung tidak berjubel di satu tempat wisata.

Masyarakat diimbau untuk memanfaatkan libur lebaran yang panjang dengan memilih waktu berkunjung di mana tempat wisata sudah lebih lengang.

Tempat Wisata Diprediksi Penuh di Libur Lebaran

Tempat wisata diprediksi akan penuh di awal libur lebaran, jadi masyarakat bisa memilih untuk berkunjung pada penghujung cuti bersama.

Di sisi lain, masyarakat di Jakarta yang tidak mudik juga bisa mencari alternatif dengan menjelajahi “hidden gem” di ibu kota selain destinasi wisata yang sudah lama dikenal seperti Ancol, Ragunan dan Kota Tua.

BACA JUGA: Dua Objek Wisata dengan Nama Teletubbies di Yogyakarta

Masyarakat bisa melepas penat dengan menghirup udara segar di hutan kota yang ada di Srengseng. Masyarakat juga bisa melihat lebih dekat kebudayaan Betawi yang memikat di Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan.

Pada akhir pekan libur lebaran, Setu Babakan akan menggelar Pagelaran Reguler yang menampilkan kesenian Topeng, ondel-ondel serta Musik Hadroh.

BACA JUGA: 5 Destinasi Wisata di Morotai yang Memesona, Pas Buat Tambah Pengalaman Barumu!

Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyiapkan sekitar 300 personel untuk mengawasi sejumlah tempat wisata di Ibu Kota guna mengantisipasi kepadatan lalu lintas saat libur Lebaran.

Rata-rata ada 300 personel yang diplot di seluruh kawasan wisata.

Sejumlah tempat wisata di DKI Jakarta yang diperkirakan akan padat pengunjung saat libur Lebaran di antaranya Taman Margasatwa Ragunan, Taman Impian Jaya Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Dinas Perhubungan akan membantu Polisi Lalu Lintas untuk membantu pengaturan lalu lintas di tempat wisata tersebut terutama di jalur-jalur utama menuju tempat wisata. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait