5 Destinasi Wisata di Morotai yang Memesona, Pas Buat Tambah Pengalaman Barumu!

Wisata Morotai
Pulau Kokoya di Morotai yang memesona.

TURISIAN.com – Indonesia sebagi negara kepulauan yang luas, banyak menyimpan destinasi wisata yang memesona namun tersembunyi. Jika minat mengunjunginya, akan jadi pengalaman baru yang berkesan buat Sobat Turisian. Nah petualangannya, bisa kita mulai dari destinasi wisata di Pulau Morotai.

Pulau Morotai ini berada di Provinsi Maluku Utara yang termasuk Destinasi Prioritas Indonesia. Surga tropis yang berjuluk Pulau Tiga Matahari ini menawarkan wisata bahari yang penuh pesona berkat keragaman spesies ikan dan terumbu karangnya!.

Tak hanya itu, sekeliling Morotai juga terdapat 35 pulau kecil. Serta 2 pulau besar yang juga menyajikan keindahan alam yang menakjubkan.

Nah, berikut ini ada 5 destinasi wisata di Morotai yang terbaik dan wajib Sobat Turisian kunjungi. Selain tentu menyenangkan, juga menambah pengalaman yanng berkesan.

1. Pulau Kokoya

Saat tiba di Pulau Kokoya, Morotai, Sobat Turisian pasti terpukau dengan pesona alamnya. Tampak hamparan pasir putih, birunya laut, hijau pepohonan, dan alam sekitar yang indah.

Sajian pesona alam Pulau Kokoya cukup komplet, dari mulai alam sekitar yang indah hingga keindahan alam bawah laut. Pulau ini juga juara dalam memiliki ragam spesies ikan dan terumbu karangnya yang mengagumkan.

Baca juga: Pulau Dodola, Surga Keindahan Alam di Pulau Morotai Maluku Utara

Bahkan jika beruntung, Sobat Turisian bisa bertemu dugong, mamalia asli khas perairan wilayah timur Indonesia. Untuk menuju ke sini, Sobat Turisian bisa menggunakan speedboat dengan lama perjalanan sekitar 30 menit dari Daruba.

2. Pulau Dodola

Wisata Morotai

Tempat wisata Morotai berikutnya yaitu Pulau Dodola yang eksotis dan indah memanjakan mata. Pulau ini terbagi menjadi Pulau Dodola Kecil dan Pulau Dodola Besar yang hanya berjarak 500 meter serta dipisahkan oleh air laut saat pasang.

Saat air laut surut, gumukan pasir akan timbul sehingga memberi jalan bagi Sobat Turisian ‘berjalan kaki menyeberangi lautan’. Melintas di jalur pasir antara Pulau Dodola Besar dan Dodola Kecil.

Sebagai destinasi primadona di Pulau Morotai, pesona Pulau Dodola akan menyihir dan menghipnotis Sobat Turisian jadi betah dan malas pulang. Pasalnya, keindahan objek wisata ini jarang ditemui di tempat lain.

Daya tarik lain dari  pulau ini, aktivitas snorkeling dan diving yang bisa Sobat Turisian lakukan di Pulau Dodola Kecil. Jika tak ingin basah-basahan, bisa menjelajahi hutan bakau yang terletak di bagian timur Pulau Dodola Besar.

3. Tanjung Gorango

Wisata Morotai

Terletak di sisi timur laut Pulau Morotai, Tanjung Gorango bakal menarik kekaguman dan memanjakan mata Sobat Turisian. Sajian lanskap lautan berwarna biru toska serta pemandangan hijau khas hutan tropisnya sungguh menawan.

Suasana di sana pun tenang, jauh dari keramaian. Lokasi Tanjung Gorango berjarak sekitar 63 km atau sekitar 3 jam perjalanan dari Desa Daruba. Untuk itu, saran bagi Sobat Turisian yang ingin ke sana, harus naik mobil dan membawa persiapan bekal makanan dan minuman.

4. Pulau Tabailenge

Berkunjung ke Pulau Tabailenge, Sobat Turisian akan takjub dengan keelokan panorama pantai yang ada di sini. Pulau ini terletak di sisi timur laut Pulau Morotai dan berada di sisi selatan Tanjung Gorango dekat Desa Bere Bere.

Baca juga: Pulau Tawale Maluku, Pesona Alam di Timur Indonesia yang Memukau

Tabailenge menawarkan keindahan biota bawah laut, berupa karang lunak di perairannya yang menjadikan destinasi ini istimewa. Untuk menuju ke sana, Sobat Turisian perlu menyewa perahu lokal warga setempat. Perjalanannya menempuh waktu sekitar 15 menit dari Desa Bere Bere.

5. Pantai Rorasa

Di Pantai Rorasa, Sobat Turisian bisa menyegarkan mata dengan menyelam di situs kapal karam atau dikenal dengan istilah wreck diving. Yang merupakan peninggalan Perang Dunia II. Wah keren banget Sobat Turisian!

Saat Perang Dunia II, Morotai memang dikenal sebagai markas tentara Jepang dan Amerika Serikat. Nah bagi Sobat Turisian yang ingin mengunjungi Pantai Rorasa, bisa menempuh perjalanan sekitar 38 km dari Desa Daruba.*

 

 

Sumber & Foto: indonesia.travel

Pos terkait