Saksikan Kemeriahan Tokuwela Morotai Festival 2022 Mei Ini!

Tokuwela Morotai Festival 2022
Atraksi budaya anak-anak di Tokuwela Morotai Festival tahun lalu.

TURISIAN.com – Liburan Lebaran Sobat Turisian bisa tambah berkesan dengan berkunjung ke destinasi wisata suatu daerah. Apalagi sambil menyaksikan langsung festival khas daerah tersebut yang biasa digelar setiap tahun. Seperti Tokuwela Morotai Festival 2022 di Maluku Utara.

Tokuwela Morotai Festival 2022 akan berlangsung di Kabupaten Pulau Morotai, pada tanggal 14 Mei 2022 secara hybrid. Bertempat di Ex-Sail Juanga. Pada acara puncaknya, Sobat Turisian bisa mengenal wisata bahari, budaya, dan sejarah Pulau Morotai.

Event tahun ini mengusung tema “Bersama Kita Bangkit Menjadi Morotai yang Mandiri, Maju, dan Sejahtera”. Selain penampilan atraksi budaya yang memukau, ada juga banyak rangkaian kegiatan seru lainnya yang bbisa Sobat Turisian nikmati.

Atraksi budaya kolosal khas dalam festival tahunan Morotai ini, melibatkan ribuan penampil. Ada sekitar 1.500 partisipan yang akan menampilkan beragam jenis kesenian tradisional di Tokuwela Morotai Festival 022.

Baca juga: Yuk Catat Event Jakarta Mei 2022, Buat Rekreasi Abis Lebaran!

Masyarakat berbagai rentang usia, suku, dan etnis yang berasal dari seluruh kampung juga desa di Pulau Morotai sangat antusias ikut serta. Makanya, mereka menggelar atraksi budaya dan tarian kolosal khas Pulau Morotai seperti Tari Dana-Dana, Lalaweda, Soya, Saloi, dan masih banyak lagi.

Paling seru yang bisa Sobat Turisian saksikan, yaitu acara Gandeng Tangan yang dilakukan orang dewasa. Di mana anak-anak desa atau pengunjung akan berjalan di atas gandengan tangan tersebut. Suasananya semakin syahdu dengan iringan musik merdu yang memadukan musik Kristiani dan budaya Islam. Sehingga menambah kesakralan festival ini.

Rangkaian Acara Tokuwela Morotai Festival 2022  

Setelah peluncurannya pada 19 Maret 2022, rangkaian acara Tokuwela Morotai Festival dimulai. Dan hebatnya akan berlangsung hingga akhir tahun. Acara pembukanya adalah Morotai Idol, berlanjut dengan Tour The Morotai, Morotai Music Corner, Festival Religi, puncak acara, dan beberapa lomba-lomba.

Perlombaannya, antara lain Suratin Cup Competition, Bupati Cup 2022 Competition, Perahu Hias Competition. Kemudian ada pula acara Morotai Cooking Competition, Fun Dive dan Snorkeling, serta Surfing Competition.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata di Morotai yang Memesona, Pas Buat Tambah Pengalaman Barumu!

Selain acara-acara tersebut, kegiatan seru lainnya yang menjadi pembeda festival ini, yaitu kegiatan menjelajahi wisata bahari (Shark Dive dan Wreck) dan mengunjungi destinasi sejarah peninggalan Perang Dunia II (Heritage).*

 

 

 

Sumber & Foto: indonesia.travel

 

Pos terkait