Enaknya Tahu Aci Khas Tegal, Makanan yang Pas Buat Ngemil Sore

Tahu Aci Tegal
Tahu Aci Tegal. (Source: Disporapar Kab. Tegal)

TURISIAN.com – Selain sudah terkenal dengan Warung Tegal-nya alias Warteg, wilayah Tegal di Jawa Tengah juga memiliki makanan khas lainnya yang enak dan wajib Sobat Turisian coba. Bahkan kudapan tersebut sudah terkenal dan populer di sana, namanya Tahu Aci Tegal.

Tahu aci Tegal merupakan kuliner khas yang sangat populer di Kabupaten Tegal dan Kota Tegal. Saat liburan atau melintas wilayah ini, Sobat Turisian jangan lewatkan untuk mencicipi makanan khas tersebut.

Kudapan khas Tegal ini berasal dari daerah Banjaran, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Tampilannya mirip batagor dari Bandung dan cita rasanya sudah terkenal enak dengan teksturnya yang kenyal serta rasa yang gurih.

Bahan Adonan Tahu Aci Tegal

Terbuat dari bahan dasar tahu kuning yang telah berbentuk segitiga. Kemudian tempelkan adonan aci atau tepung kanji di salah satu sisi potongan tahu tersebut.

Adonan aci tersebut, bahannya terdiri dari kanji, daun kucai, dan ampas tahu yang dicampur menjadi satu. Tambah garam dan penyedap rasa agar lebih gurih dan sedap.

Baca juga: Getuk Goreng Sokoraja, Camilan Manis Legendaris dari Banyumas

Masyarakat Tegal biasanya, menyajikan tahu aci bersama cabai rawit sebagai pelengkapnya. Lebih nikmat, Sobat Turisian menyantapnya saat masih hangat. Apalag menikmatinya bersama teh poci saat berkumpul dengan keluarga atau nongkrong bersama teman-teman.

Penjual Tahu Aci Tegal

Bagi Sobat Turisian yang belum merasakan dan ingin merasakan kelezatan Tahu Aci Tegal, dapat langsung menemukannya di sepanjang jalan Kabupaten Tegal. Khususnya jika Sobat Turisian melewati Jalan Raya Utara Adiwerna, Banjaran, Kabupaten Tegal.

Di jalan tersebut, ada penjual yang boleh dibilang sebagai cikal bakal tahu aci yang sudah berdiri sejak 1966. Mereknya Tahu Aci Murni, yang terkenal bebas bahan kimia. Pewarna kuningnya pun berasal dari kunyit.

Kemudian racikan bumbunya merupakan olahan dari bahan alami seperti bawang putih, garam, dan kucai. Untuk satu biji tahu aci berbentuk segi empat, harga jualnya cukup bervariasi.

Penjual camilan tahu khas Tegal tersebut bisa langsung digoreng agar dapat langsung memakannya. Sobat Turisian juga dapat memibelinya dalam kondisi mentah sebagai oleh-oleh untuk bawa pulang.

Baca juga: Ragam Wisata Kuliner di Sepanjang Jalur Pantura yang Wajib Kalian Coba  

Sebagai oleh-oleh, Tahu Aci Murni menyediakan kemasan besek agar mudah membawanya. Dalam satu porsi besek berisi 20 biji tahu dan beberapa cabai rawit. Oleh-oleh ini mampu bertahan selama 6 hari jika menyimpannya di freezer.*

 

Pos terkait