Gunakan 9 Aplikasi Traveling Ini, Mumpung Ada Libur Panjang Pekan Ini

Aplikasi Traveling
Ilustrasi Aplikasi Traveling. Foto: Getty Images/Wachiwit

TURISIAN.com – Tak seperti dulu. Saat ini melakukan perjalanan liburan lebih mudah karena adanya dukungan aplikasi traveling.

Dorongan teknologi inilah yang kemudian juga berpengaruh terhadap perilaku kehidupan. Sebut saja, perencanaan liburan lebih gampang. Termasuk dalam mengatur budget perjalanan.

Hal ini tidak lain karena dibantu oleh aplikasi akomodasi sekaligus transportasi. Kita tinggal mencari atau membandung satu aplikasi dengan aplikasi lainnya.

Bahkan terkadang, jika sedang beruntung akan mendapatkan perjalanan promo yang menarik. Atau diskon-diskon yang cukup menggiurkan.

BACA JUGA: 9 Tips Praktis Bagi Perempuan yang Ingin Solo Traveling

Nah, berikut 9 aplikasi traveling yang bisa membantu kalian untuk merencanakan liburan. Mumpung  ada libur panjang akhir pekan ini karena tanggal merah Kenaikan Isa Almasih, Kamis 26 Mei 2022:

1. Tripadvisor

Tripadvisor adalah salah satu pemain paling lama di industri perjalanan dan pariwisata secara daring. Perusahaan ini berdiri di Amerika Serikat pada tahun 2000 lalu. Tripadvisor adalah aplikasi perjalanan yang menyediakan panduan wisata, juga melayani pemesanan hotel hingga atraksi wisata.

Meski opsi layanannya semakin luas, Tripadvisor tetap fokus pada perannya sebagai penyedia panduan wisata. Pelancong bisa mencari berbagai informasi tentang destinasi wisata di seluruh dunia melalui aplikasi ini.

2. Trivago

Trivago juga merupakan aplikasi traveling yang bisa kamu gunakan untuk membandingkan harga hotel dari berbagai situs. Pengguna bisa mendapatkan hotel ideal dengan harga yang hemat dalam waktu cepat. Meski trivago didirikan di Jermna, namun Trivago cukup sukses di pasar Asia

Aplikasi ini juga memiliki fitur Smart Refund akan mempermudah mendapatkan pengembalian dana jika terjadi pembatalan pemesanan. Kemudian Smart Roundtrip untuk membantu mendapatkan penerbangan pulang-pergi dengan harga termurah. Dan Smart Reschedule mempermudah melakukan penjadwalan ulang tiket pesawat.

BACA JUGA: 1 Perlengkapan Traveling yang Tidak Boleh Ketinggalan

Paling Populer di Indonesia

3. Pegi pegi

Pegipegi merupakan salah satu aplikasi perjalanan paling populer Indonesia. Pada 2018 lalu, Mirip dengan aplikasi perjalanan lainnya. Pegipegi menawarkan layanan pemesanan tiket pesawat, kereta api, hotel, bus, dan travel secara online.

Aplikasi ini terhubung dengan lebih dari 25.000 pilihan hotel domestik dan internasional. Memiliki lebih dari 25.000 rute penerbangan, serta lebih dari 2.800 rute kereta api yang bisa pesan melalui website dan aplikasi mobile.

Pegipegi juga menawarkan opsi pembayaran dengan PayLater yang memungkinkan konsumen membeli dulu tiket, baru membayarnya di kemudian hari.

4. Tiket.com

Tiket.com merupakan aplikasi online travel di Indonesia, melalui aplikasi ini konsumen bisa membeli tiket untuk liburan, dan mencari tiket hotel murah untuk tempat tujuan Anda.

5. Bobobox

Sebagai startup nasional yang cukup baru terjun di sektor perjalanan, Bobobox ternyata cukup ampuh menggaet pasar. Bobobox fokus pada layanan pemesanan penginapan dengan jaringan yang dimiliki oleh perusahaan. Bobobox menyediakan jaringan hotel kapsul kekinian yang banyak diminati anak muda.

Selama pandemi, Bobobox mengampanyekan slogan contactless experience yang memungkinkan konsumen melakukan pemesanan hotel, check in, hingga check out hanya dalam satu aplikasi saja. Akses pod juga bisa dilakukan hanya dengan memindah QR code yang didapat setelah check in.

Tahun 2020 lalu, Bobobox memperoleh pendanaan seri A senilai USD11,5 juta atau setara Rp170 miliar. Pendanaan ini dipimpin oleh Horizons Ventures dan Alpha JWC Ventures.

BACA JUGA: 10 Tips Memilih Hotel Saat Liburan, Dari Harga Sampai Remot TV

6. Booking.com

Aplikasi perjalanan yang satu ini berasal dari Eropa. Tepatnya Amsterdam, Belanda pada 1996. Seiring berjalannya waktu, Booking.com bertransformasi menjadi salah satu aplikasi perjalanan terbesar dunia dengan jumlah pengguna terbanyak.

Booking.com tersedia dalam 43 bahasa layanan dengan lebih dari 28 juta akomodasi yang terdaftar pada seluruh dunia, termasuk Indonesia. Aplikasi perjalanan Booking.com fokus pada layanan pemesanan penginapan, seperti hotel, hostel, apartement, hingga rumah penyewaan.

Menariknya, Booking.com menjadi salah satu aplikasi paling awal yang memopulerkan pemesanan akomodiasi tanpa biaya pemesanan. Dan pembayaran langsung akomodasi. Hal ini mempermudah konsumen yang tidak memiliki kartu kredit.

BACA JUGA: 5  Tempat Kuliner di Bali yang Cocok untuk Para Vegetarian

Menyediakan Lebih dari 2 Juta Properti

7. Agoda

Dengan kantor pusat di Singapura, Agoda awalnya didirikan Thailand. Perusahaan yang fokus pada pemesanan perjalanan online ini berdiri pada 2005 dan berkembang cukup pesat dalan daratan Asia. Agoda menyediakan lebih dari 2 juta properti akomodiasi untuk dipesan, termasuk apartemen, vila, rumah, dan hotel.

Berbeda dengan aplikasi perjalanan lain yang mengedepankan akomodiasi hotel, Agoda justru punya slogan ‘terdepan dalam penyediaan akomodiasi non-hotel seperti vila dan rumah’.

8. Airbnb

Airbnb fokus pada penyediaan akomodasi penginapan, khususnya homestay. Berbeda dengan aplikasi perjalanan lain yang fokus pada hotel, akomodasi yang disediakan oleh Airbnb lebih banyak berupa rumah, apartemen, atau aset lain dengan tuan rumah. Hal ini tentu menawarkan pengalaman yang lebih unik karena ada interaksi tamu dan tuan rumah.

Dengan Airbnb, pelancong bisa menyewa penginapan sehangat rumah sendiri. Orang-orang yang memiliki penginapan juga bisa menawarkan asetnya di Airbnb dengan sebutan tuan rumah.

9. Traveloka

Aplikasi Traveloka ini sudah cukup popular, aplikasi traveling ini masuk ke dalam jajaran Unicorn Indonesia . Valuasi Traveloka per akhir 2021 lalu mencapai Rp 42,6 triliun.

Melalui Traveloka konsumen bisa memesan tiket pesawat, kereta api, dan bus dengan mudah. Bahkan di Traveloka juga menyediakan layanan sewa mobil. Traveloka juga menawarkan opsi pembayaran dengan PayLater yang memungkinkan konsumen membeli dulu tiket, baru membayarnya di kemudian hari

Lebih dari 100.000 rute penerbangan tiket murah maskapai domestik dan internasional tersedia di aplikasi ini. Pengguna juga bisa pilih lebih dari 100.000 hotel murah berkualitas di Indonesia. Selain itu, tersedia juga booking kupon kuliner dan tiket tempat wisata. ***

Pos terkait