Rumah Oei Lasem, Bangunan Heritage yang jadi Spot Kuliner Favorit di Rembang

Rumah Oei Lasem
Rumah Oei Lasem Rembang, Jateng.

TURISIAN.comKabupaten Rembang di Jawa Tengah memiliki daya tarik wisata yang kaya nilai sejarah dan budaya. Tepatnya kawasan Lasem yang banyak menyimpan bangunan-bangunan masa lampau yang menarik untuk Sobat Turisian kunjungi, salah satunya Rumah Oei.

Rumah yang termasuk bangunan heritage ini terkenal sebagai sebagai tujuan wisata kuliner di Lasem. Lokasinya cukup strategis, terletak di Jalan Jatirogo, berada tak jauh dari Masjid Jami Lasem.

Berada di Rumah Oei Lasem Sobat Turisian bisa bersantai dan merasakan sensasi menyantap hidangan nikmat. Sembari memandang bangunan yang bercorak Tiongkok tersebut. Ornamen-ornamen khas negeri tirai bambu menghiasi sudut-sudut bangunan ini. Seperti pintu kayu berukiran kanji Tiongkok dan pernak-pernik lainnya.

Bangunan tersebut juga bersejarah dan sudah berdiri sejak tahun 1818. Pada salah satu bagian dinding, Sobat Turisian bisa mengenal sejarah rumah ini di media yang tertempel di sana.

Baca juga: Nongkrong Asyik di Bukit Cendana Rembang dengan View Alam yang Indah

Nama Rumah Oei Lasem sendiri berasal dari nama pemiliknya, yaitu Oei Am yang lahir 1798 di Tiongkok. Pada usia 15 tahun, ia merantau dan mendarat di pesisir Lasem. Kemudian pada usia 17 tahun, Oei menikah dengan putri asli Lasem, bernama Tjioe Nio, seorang gadis yang pandai menari dan membatik.

Bagian Depan dan Belakang Rumah

Di bagian depan ruman menjadi tempat untuk bersantai dengan sajian berbagai kuliner. Suasananya teduh karena rindang pohon mangga di bawahnya. Bagian halaman rumah ada meja-meja yang tertata apik.

Bentuk teras Rumah Oei Lasem melebar panjang. Pintu utama masuk terbuat dari kayu berwarna cokelat dengan ukiran kanji Tiongkok berwarna emas. Warna cokelat itu tampak berpadu serasi dengan empat jendela yang mengapitnya.

Kalau jendela terbuka, Sobat Turisian bisa melihat bagian dalam rumah ini. Terdapat meja kursi dan lemari kaca. Dinding-dindingnya dengan hiasan foto-foto klasik yang kebanyakan berwarna hitam putih.

Baca juga: Kompleks Pasujudan Sunan Bonang, Objek Wisata Religi Rembang

Kemudian pada bagian belakang Rumah Oei Lasem juga ada bangunan untuk penginapan. Arsitekturnya pun sama yang berdesain nuansa klasik.*

 

 

Sumber & Foto: visitjawatengah

Pos terkait