Main ke Indramayu, Jangan Lewatkan Kunjungan ke 3 Destinasi Ini

Main ke Indramayu
Main ke Indramayu tidak singgah ke Pantai Karang Song, rasanya ada yang kurang lengkap. Foto: Turisian.com/Duta Ilham

TURISIAN.com – Main ke Indramayu, Jawa Barat banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Karang Song.

Pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Terutama, saat memasuki akhir pekan (Weekend).

Yang membuat orang tertarik datang kawasan ini, karena kawasan tersebut  menyuguhkan pemandangan alam yang lengkap.

Ada,  deburan ombak laut bersatu dengan lebatnya hutan mangrove.

Ya, di kawasan Pantai Karangsong terdapat Ekowisata yang berupa kawasan hutan mangrove. Atau hutan bakau yang cukup lebat dan menjadi habitat bagi berbagai jenis flora maupun fauna.

BACA JUGA: Manajer Taman Al Bayt Stadium Qatar Ternyata Orang Indramayu Lho

Sehingga menjadikan Pantai Karangsong ini merupakan destinasi wisata favorit keluarga warga Indramayu.

Selain menikmati keindahan pantainya, kalian dapat belajar banyak hal di kawasan Ekowisata Hutan Mangrovenya.

Selain mengunjungi hutan mangrove, kalian juga juga bisa menjelajahi kawasan Pulau Biawak. Jaraknya,  sekitar 2 jam perjalanan laut dari Pantai Karangsong dengan menyewa perahu atau kapal nelayan.

Lokasi Pantai Karangsong

Lokasi Pantai Karangsong termasuk kawasan pantai utara tepatnya berada di Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat.

BACA JUGA: Kawasan Pantai Legian Gempar Karena Kemunculan Buaya, Ini Kondisi Sekarang?

Berikut tiga daya tarik saat kalian berkunjung ke Pantai Karang Song.

1. Pantai Karangsong

Pantai ini diberi nama sesuai lokasi dimana keberadaannya, yakni Desa Karangsong. Kawasan pantai yang satu ini memiliki deburan ombak yang tak terlalu kencang, serta hamparan pasir coklat seperti biasanya sebuah pantai.

Namun ada satu fenomena alam yang mungkin hanya terjadi di Pantai Karangsong saja, yakni surutnya air laut yang bisa mencapai 60 sampai 70 meter dari bibir pantai.

Sehingga kamu dapat mendekati dua buah batu besar yang ada di Pantai Karangsong. Fenomena surutnya air laut tersebut dapat terjadi di waktu pagi maupun sore hari.

Jika air laut sudah pasang kembali maka area yang surut tersebut akan tergenang kembali. Hal tersebut merupakan fenomena yang biasa terjadi sehingga tak perlu dikhawatirkan.

BACA JUGA: Objek Wisata Indramayu Siap Menyambut Wisata, Ada Pantai Tirtamaya

Malah menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, dimana kamu dapat lebih leluasa bermain pasir yang ada di bibir pantai.

Di sepanjang bibir pantai terdapat beberapa penyewaan ban untuk anak-anak yang hendak bermain air, tentu saja harus dengan pengawasan orang yang lebih tua supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kehidupan satwa liar

2. Ekowisata Mangrove

Ekowisata Hutan Mangrove merupakan kawasan konservasi yang diproyeksikan sebagai sarana edukasi bagi para wisatawan terhadap kelestarian lingkungan.

Selain itu kamu juga dapat menikmati keindahan kawasan hutan bakau. Atau mangrove yang cukup rindang yang terdiri dari berbagai jenis dengan menyusuri jalan setapak yang sudah disediakan.

BACA JUGA: Yuk Kunjungi Pameran Koleksi Museum Batik Pekalongan Tahun 2022-2023!

Selain pohon mangrove kamu juga dapat menemukan pohon ketapang yang ikut menghiasi kawasan hutan tersebut.

Kamu pun dapat mengamati ragam kehidupan satwa liar yang biasa hidup di daerah pantai.

Ekowisata Hutan Mangrove ini memiliki luas sekitar 20 hektar selain sebagai tempat wisata, kawasan hutan ini juga difungsikan sebagai pelindung dari ganasnya ombak laut yang bisa mengikis daerah di sekitar bibir pantai.

Dengan memiliki luas seperti itu, katanya kawasan hutan Mangrove Pantai Karangsong ini merupakan hutan mangrove terbesar di Kabupaten Indramayu.

Menaiki Perahu Motor

Untuk menuju Kawasan Hutan Mangrove ini yakni dengan menaiki sebuah perahu motor, dimana sebelumnya kamu harus membeli tiket terlebih dahulu.

BACA JUGA: Penerbangan Umrah di Bandara Kertajati Majalengka Kembali Dibuka

Perjalanan yang kamu lakukan sekitar 5 sampai 10 menit saja, sajian pemandangannya pun sangat indah. Deretan pohon bakau serta suara bangau putih dan burung lain yang seakan menyambut kedatanganmu.

3. Hunting Spot Foto Terbaik

Ketika berada di kawasan Ekowisata Hutan Mangrove Karangsong terdapat beberapa spot foto yang disediakan oleh pengelola untuk memanjakan kamu.

Yakni dengan adanya sebuah gardu pandang yang cukup tinggi, sekitar ada 3 lantai tingginya. Gardu pandang ini kerap dijadikan spot selfie oleh para pengunjung, karena dapat mengambil view yang cantik dari ketinggian.

Selain itu di gardu pandang tersebut kamu dapat melihat laut lepas serta hijaunya hutan mangrove serta burung-burung yang berterbangan kesana kemari.

Lokasi spot foto selanjutnya yakni sebuah ayunan dengan latar laut lepas, kamu dapat bermain ayunan sambil berfoto disana.

Karena kecantikan dan keasrian yang ditampilkan Hutan Mangrove Karangsong ini, sehingga kerap dijadikan lokasi pemotretan prewedding juga loh. Namun sebelumnya harus meminta ijin dulu pada pihak pengelola hutan.

BACA JUGA: Terjebak Cuaca Ekstrem, 305 Wisatawan Terdampar di Pulau Karimunjawa

4. Aktifitas Perkapalan

Tak jauh dari kawasan Hutan Mangrove Karangsong terdapat kilang minyak Pertamina Balongan, maka jangan heran jika kamu dapat menyaksikan beberapa kapal pertamina yang bersandar di sekitar hutan mangrove.

Karena kapal-kapal tersebut tidak bisa bersandar di kilang minyaknya langsung. Kapal tersebut yakni kapal tanker pembawa Bahan Bakar Minyak (BBM).

Penginapan

Di sekitar Pantai Karangsong belum terdapat beberapa penginapan yang dapat kamu sewa. Main ke Indramayu, kamu dapat menemukannya dengan jarak lebih dari 5 km dari Pantai Karangsong menuju ke arah Indramayu kota.

Disana banyak terdapat beberapa penginapan atau hotel dengan beragam fasilitas dan harga yang bersaing tentunya.

Jika kamu bergerak dari arah Cirebon dengan menuju Bunderan Kijang lalu belok kanan ke Jl. Pahlawan. Untuk kamu yang dari arah Jakarta bisa melalui Jati Barang menuju pusat kota Indramayu.

Atau menuju Jl. Yos Sudarso hingga tiba di perempatan Karang Turi lalu belok ke kanan. Jika dari arah Jl. Siliwangi ketika tiba di perempatan Karang Turi terus saja lurus.

BACA JUGA: 6 Jalur Pendakian Favorit Gunung Slamet, Gunung Tertinggi ke-2 di Pulau Jawa

Kemudian kamu akan menemukan simpang lima yang biasa disebut Bunderan Mangga ambil arah menuju jalur Jl. Gatot Subroto, hingga tiba di Bunderan Kijang terus saja lurus.

Ketika tiba di Jembatan Cimanuk yang lokasinya dekat Masjid Agung dan Alun-Alun Indramayu belok kiri dan tetap di Jl. Siliwangi.

Kemudian kamu akan menemukan Gapura Besar Desa Karangsong, menuju lokasi Pantai Karangsong sekitar 3 km lagi saat main ke Indramayu.

Di sepanjang jalan kamu akan menyaksikan beberapa perahu besar maupun kecil yang sedang dibuat oleh warga sekitar. Pemandangan tersebut tentu saja merupakan pemandangan yang langka.

Jam Buka Pantai Karangsong

Jam operasional Pantai Karangsong dibuka setiap hari Senin hingga Minggu mulai pukul 10.00 hingga pukul 18.00 petang. ***

Bagaimana Sobat Turisian? Sudah siap main ke Indramayu? ***

Pos terkait