Air Terjun Moramo Sultra yang Memesona, Pecinta Wisata Alam Wajib ke Sini!

Air Terjun Moramo
Air Terjun Moramo Konawe Selatan Sultra. (Source: Dispar Sultra)

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian pecinta wisata alam, liburan nanti wajib berkunjung ke Air Terjun Moramo di Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Objek wisata ini berada di dalam kawasan Hutan Tanjung Peropa.

Air terjun ini menjadi salah satu daya tarik hutan konservasi tersebut. Hutan Tanjung Peropa sendiri merupakan salah satu tempat paling besar di dunia yang mempunyai kandungan marmer. Tentunya panorama alamnya pun sangat memukau.

Walaupun terletak di hutan, namun jalur menuju lokasi utama Air Terjun Moramo sudah baik dan sangat nyaman Sobat Turisian lalui. Lokasinya masuk wilayah Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

Namun untuk menikmati surga tersembunyi di Konawe Selatan ini, Sobat Turisian harus berjuang dengan berjalan kaki dari parkiran sejauh kurang lebih 1,5 km. Memang terbilang cukup jauh, tapi lelahnya perjalanan tidak akan terasa. Terlebih sepanjang jalan tersaji berbagai pemandangan yang indah.

Jalur pedestrian tersebut sebagian besar terbuat dari bahan lantai keramik, dengan motif bebatuan atau marmer. Sehingga perjalanan Sobat Turisian akan terasa seperti di taman milik pribadi.

Jalur Trekking Menuju Air Terjun Moramo

Pada jalur trekking pertama, Sobat Turisian akan melihat sungai kecil yang jernih dan berwarna sedikit kehijauan. Di sekitarnya terdapat tanaman hutan serta gazebo untuk istirahat. Selanjutnya, kalian akan melewati 2 buah jembatan untuk sampai di lokasi utama.

Baca juga: Puncak Popalia Tempat Asyik Buat Camping dan Hiking di Konawe Selatan

Di bawah jembatan itu, tampak aliran air yang cukup deras. Sekitarnya tersaji pemandangan indah, yang tentunya mempesona. Jalur menuju lokasi utama Air Terjun Moramo semakin dekat, jika Sobat Turisian sudah tiba di kawasan bebatuan berundak.

Kemudian untuk tahapan trekking terakhir, akan membawa Sobat Turisian menaiki anak tangga yang sedikit miring. Setelah menaiki anak tangga tersebut, bisa langsung melihat pemandangan indah dari air terjun yang satu ini.

Keunikan Air Terjun Moramo

Salah satu keunikan yang menjadi salah satu daya pikat dari air terjun ini yaitu undakannya. Ada 7 undakan utama dan 60 dalam bentuk kecil, yang sekaligus menjadi kolam air. Keseluruhan jumlah undakan pada air terjun ini ada 67.

Air Terjun Moramo sendiri memiliki ketinggian mencapai 100 meter. Airnya mengalir melalui 7 undakan utama tersebut. Sungguh memukau kala Sobat Turisian melihatnya langsung.

Suasana di sekitar kawasan air terjun pun sangat asri karena banyak pepohonan besar yang masih belum terjamah. Airnya ada yang berwarna sedikit abu-abu di beberapa titik. Sedangkan di sisi lainnya, berwarna kehijauan. Hal itu karena air turut melewati bebatuan kapur yang ada di sepanjang alirannya.

Fasilitas & Harga Tiket Masuk

Secara keseluruhan, fasilitas penunjang di kawasan Air Terjun Moramo sudah cukup lengkap. Sehingga cocok juga untuk tujuan wisata keluarga. Di sini Sobat Turisian bisa bermain air, berburu foto ciamik, hingga wisata edukasi.

Baca juga: Traveling ke Pulau Hari Konawe Selatan yang Memesona dan Bikin Betah

Untuk harga tiket masuknya sangat terjangkau, hanya sekira Rp10.000 per orang. Harga ini bisa berubah sewaktu-waktu ya Sob! Sementara untuk jam buka wisata ini, mulai dari jam 07.00 WITA hingga 18.00 WITA setiap harinya.

Di objek wisata Air Terjun Moramo belum ada fasilitas penginapan. Sehingga kalau ingin bermalam, Sobat Turisian bisa pilih homestay di desa terdekat, yakni Desa Sumber Sari.*

Pos terkait