Wisata Kebun Buah Mangunan Bantul dengan Pesona Alam yang Menawan

Kebun Buah Mangunan
Kebun Buah Mangunan Bantul, Yogyakarta. (Source: visitingjogja)

TURISIAN.com – Liburan ke Yogyakarta pasti tak akan pernah bosan, banyak sekali objek wisata yang menarik buat Sobat Turisian datangi tersebar di setiap daerahnya. Nah salah satu yang lagi hits, ada Kebun Buah Mangunan di Kabupaten Bantul.

Tempat wisata tersebut sangat cocok buat Sobat Turisian yang suka wisata alam, khususnya wisata buah-buahan lokal. Keistimewaannya, bukan hanya kebun buah biasa, tapi pesona alam sekitarnya pun sangat menawan.

Kebun Buah Mangunan ini terletak sekira 35 km dari pusat kota Yogyakarta. Destinasi wisata yang berdiri sejak tahun 2003 ini, menawarkan aneka spot wisata yang bakal membuat liburan Sobat Turisian tidak mengecewakan.

Lokasinya yang berada di ketinggian kurang lebih 200 mdpl, menyajikan eksotisme pegunungan yang akan membuat kalian berdecak kagum tiada henti. Dari atas tempat ini, kita bisa melihat lanskap kota Bantul dan sekitarnya. Bahkan lebih indah lagi kala cuaca sedang cerah,  Sobat Turisian bisa melihat Parang Tritis dari atas.

Pesona Kebun Buah Mangunan tidak berhenti di situ, Sobat Turisian pun bisa menikmati suasana pagi berkabut yang menyelimuti hamparan pegunungan hijau. Tambah keindahan Sungai Oya yang berada di bawah kawasan ini, sehingga menampilkan pemandangan yang benar-benar luar biasa.

Keindahan Sunrise dan Sunset

Di pagi hari itu pun, Sobat Turisian akan merasa sedang berada di atas awan, sembari menunggu terbitnya mentari pagi dari ufuk timur. Jangan lupa ambil momen indah tersebut dengan jepretan kamera. Kalian bisa swafoto atau foto bersama keluarga atau teman, pas banget untuk menambah koleksi foto di sosmed.

Daya tarik pagi hari itu pun menarik banyak minat wisatawan sejak Subuh. Apalagi di waktu liburan akhir pekan dan musim liburan lainnya. Sehingga pengelola membuka wisata Kebun Buah Mangunan ini mulai dari pukul 04.30 WIB.

Baca juga: Desa Wisata Sriharjo Bantul Tawarkan Pengalaman Liburan yang Asyik dan Seru

Jika Sobat Turisian tak kebagian keindahan di pagi hari, bisa menikmati pemandangan di sore hari yang juga tidak kalah aduhai. Kalian dapat dengan jelas melihat deretan Pegunungan Sewu yang hijau dan kelokan Sungai Oyo yang begitu cantik membelah Pegunungan Sewu.

Berselang kemudian menyusul momen sunset yang sangat eksotis di Kebun Buah Mangunan. Belum lagi sentuhan angin sore yang bakal membuat Sobat Turisian makin santai dan lupa sejenak dengan rutinitas kerja yang tak ada habisnya.

Wisata Edukasi

Selain sebagai spot primadona untuk melihat sunset dan sunrise, Kebun Buah Mangunan Bantul ini pun juga menawarkan wisata edukasi. Di sini Sobat Turisian bisa melihat aneka jenis buah dan pepohonan di area kebun.

Di saat musim panen tiba, kalian juga bisa mencicipi buah langsung dari pohonnya. Tak hanya mencicipi, bisa membeli buahnya untuk Sobat Turisian bawa pulang dengan harga yang tentunya lebih terjangkau. Ada beragam jenis buah di sini, seperti sawo, jambu, jeruk, rambutan, durian, dan masih banyak lagi.

Fasilitas, Jam Buka, & Tiket Masuk

Sebagai tempat wisata, Kebun Buah Mangunan juga sudah memiliki fasilitas yang memadai. Mulai dari gazebo, balai pertemuan, camping ground, area outbond, kamar mandi, musala, dan penginapan yang sudah banyak di kawasan ini.

Sobat Turisian yang ingin berkunjung ke sini tak usah merogoh kocek yang terlalu dalam karena biaya masuknya sangat terjangkau. Hanya sekira Rp 10.000 dan sudah termasuk ongkos parkir. Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 04.30 WIB sampai 18.00 WIB.

Akses ke Kebun Buah Mangunan

Untuk menuju ke sini, aksesnya sudah cukup mudah Sobat Turisian jangkau. Rutenya dari arah pusat Kota Jogja tinggal menuju ke selatan. Lanjut menuju ke arah Jalan Imogiri Timur sampai mentok dan menemui pertigaan. Dari pertigaan ambil kiri dan menemukan pertigaan lagi yang ada papan petunjuk.

Baca juga: Berburu Spot Foto Eksotik dan Instagenic di Hutan Pinus Pengger Bantul

Dari situ belok ke arah selatan dan lurus dengan mengikuti papan petunjuk selanjutnya. Pastikan kendaraan Sobat Turisian dalam kondisi baik, karena jalan ke Kebun Buah Mangunan cukup berkelok dan terjal.*

 

Pos terkait