Pallubasa, Kuliner Khas Makassar yang Patut Kalian Coba!

Pallubasa Makassar
Pallubasa Makassar. (Source: Dispar Kota Makassar)

TURISIAN.com – Selain Coto Mangkasara (Coto Makassar), Kota Makassar juga mempunyai kuliner khas lain yang patut Sobat Turisian coba, yaitu Pallubasa. Salah satu dari 10 Ikon Kuliner Ibu Kota Sulawesi Selatan tersebut.

Makanan tradisional Suku Makassar ini, bercita rasa gurih yang sedap. Memiliki kesamaan dengan Coto Makassar terletak pada bahan utamanya, yaitu jeroan (isi dalam perut) sapi atau kerbau.

Selain itu, proses memasak Pallubasa pun hampir sama dengan coto, menggunakan daging yang sudah merebusnya dalam waktu lama. Setelah matang, lanjut dengan mengiris jeroan dan daging itu.

Untuk menghidangkannya, irisan jeroan dan daging tersebut simpan dalam mangkuk dan beri kuah. Kuahnya lebih kental daripada coto serta berwarna kecokelatan. Kemudian disajikan dengan tambahan serundeng dan kuning telur mentah.

Hal yang membedakan Pallubasa dengan Coto Makassar adalah bumbu racikan khususnya. Selain itu, menyantap Coto Makassar biasanya bersama ketupat, sedangkan hidangan ini dengan nasi putih.

Baca juga: 6 Makanan Khas Makassar yang Sayang Untuk Dilewati

Nama Pallubasa dari Bahasa Makassar, terdiri dari dua kata. Yaitu pallu yang berarti masak/memasak dan basa yang artinya basah/kuah. Jadi makanan ini bisa mengartikannya dengan masakan atau makanan yang basah/berkuah.

Asal-usul makanan khas Makassar yang satu ini mempunyai cerita yang cukup unik. Konon, dahulu hidangan ini untuk para buruh pekerja, karena sup ini terbuat dari bahan jeroan sapi yang harganya murah. Sementara bagian daging sapi sirloin dan tenderloin hanya untuk kalangan keluarga kerajaan.

Seiring zaman, saat ini penjual-penjual makanan khas Makassar tersebut menawarkan bermacam-macam pilihan daging sapi atau jeroan. Sehingga Sobat Turisian bisa pilih sesuai selera.

Pallubasa Serigala  Makassar

Nah kalau Sobat Turisian yang penasaran ingin mencoba kuliner yang satu  ini, bisa mencobanya di rumah makan Pallubasa Serigala. Tempat tersebut menjadi salah satu pilihan untuk menjadi menu makan siang.

Lokasinya di Jalan Serigala No 54, di Jalan Serigala XIV,  Mamajang Dalam, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar. Rumah makan ini sudah berdiri sejak tahun 1986 dan tak pernah sepi pengunjung. Harga satu porsinya masih cukup terjangkau.

Baca juga: Berburu Jajanan Kaki Lima Sedap dan Murah di Pasar Cidu Makassar

Rumah makan Pallubasa Serigala  sangat ramai pembeli, baik dari warga Kota Makassar maupun para wisatawan. Dari pagi hingga malam hari, tempat ini selalu ramai pengunjung yang ingin merasakan nikmatnya hidangan tersebut.*

 

Pos terkait