6 Makanan Khas Makassar yang Sayang Untuk Dilewati

Makanan Khas Makassar
Sop konro merupakan hidangan khas Makassar yang terbuat dari iga sapi pilihan dengan kuah berwarna hitam ( Instagram.com / @sopkonromaranmu)

TURISIAN.com – Kota ini memiliki ragam sajian kuliner yang bisa menggoyang lidah para pecinta makanan khas Makassar.

Sebagai ibu kota dari Provinsi Sulawesi Selatan, Makassar selalu berhasil menawarkan hidangan unik. Mulai dari minuman ringan hingga jenis olahan yang mengenyangkan.

Hampir semua hidangan di Makassar selalu diperkaya dengan aneka rempah pilihan yang melimpah. Seperti  cengkeh, kemiri, sereh, pala hingga foeli.

Maka tidak mengherankan jika rasa sajian dari Makassar sangat pekat dan kaya rasa seperti dikutip TURISIAN.com- dari katadata.id pada Jumat, 8 April 2022.

Selain cotto Makassar, berikut adalah 6 makanan yang sayang untuk dilewati ketika sobat Turisian berwisata ke kota yang berjuluk Kota Daeng ini.

BACA JUGA: Bontang Kuala, Pelopor Desa Wisata di Kalimantan Timur

1. Pallubasa

Diambil dari bahasa Makassar asli yaitu pallu yang berari makanan serta basa yang berarti basah.

Sepintas mirip dengan cotto Makassar, di dalam semangkuk pallubasa terdiri dari jeroan sapi yang telah direbus dalam waktu yang cukup lama. Namun bedanya, bagian jeroan tersebut dulu biasa disantap oleh abdi dalam pengikut kerajaan atau masyarakat dari kalangan menengah ke bawah.

Kini, hidangan lezat pallubasa sudah bisa disantap di hampir setiap rumah makan yang ada di Makassar. Pengunjung bebas untuk memilih ingin makan dengan jeroan saja atau daging sapi.

Siraman Kuah Hangat Khas Makanan Makassar

2. Kapurung

Oleh masyarakat setempat hidangan yang satu ini juga biasa disebut sebagai pugalu. Salah satu kuliner yang berasal dari daerah Luwu, Sulawesi Selatan.

Ciri khas dari kapurung adalah tepung sagu yang dibuat menjadi adonan kental dan kemudian dibuat bulat-bulat kecil menyerupai bakso.

Kemudian disajikan dengan siraman kuah hangat yang terbuat dari sayur kacang.

Untuk memeriahkan rasanya, satu mangkuk kapurung juga kerap disajikan bersamaan dengan tambahan sayur-sayuran seperti bayam ataupun jantung pisang, tambahab proten dari ayam, udang atau ikan.

BACA JUGA: Berburu Kuliner Lezat di Gang Nikmat Kota Bandung

3. Juku Pallu Ce’la

Menjadikan jenis ikan boku, cakalang, layang dan ikan tembang sebagai bahan dasar utama, bumbu dari hidangan juku pallu ce’la sangatlah beragam dan kaya.

Mulai dari bumbu sederhana yang terbuat dari campuran kunyit dan garam hingga sambal raca taipa atau sejenis sambal yang terbuat dari irisan buah mangga muda, dan ketika dikunyah rasanya sangat menggugah selera.

4. Bebek Palekko

Dalam bahasa Bugis, paleeko bisa diartikan sebagai cara memasak bebek di dalam panci.

Olahan khas Makassar ini menggunakan itik sebagai bahan utamanya, namun saat ini tidak jarang pula yang berkreasi dengan menggunakan daging ayam.

Untuk membuatnya perlu terlebih dahulu menumis bumbu halus khas bebek palekko yang dilengkapi dengan daun jeruk dan serai untuk menambah aroma.

Kemudian, potongan bebek yang telah dibumbui dimasukkan ke dalam panci berisi air mendidih untuk selanjutnya dimasak hingga air menyusut.

Harga seporsi bebek palekko yang dijual di Makassar sangat terjangkau, dibanderol mulai dai Rp 20.000 per porsi.

BACA JUGA: 5 Tempat Kuliner di Kota Tasikmalaya Ini Paling Melegenda

Dikukus Hingga Matang

5. Putu Cangkiri

Ini merupakan kudapan jajanan tradisional khas Makassar yang banyak dijual di pasaran, dan terkenal karena cita rasa manis gurih yang berasal dari campuran gula serta beras ketan.

Dibuat dari tepung beras, kelapa, tepung ketan, gula merah dan juga gula putih, kemudian seluruh bahan tersebut dicampur dan dikukus hingga matang.

Untuk menambah aroma, ditambahkan juga daun pandan yang juga semakin memperkaya rasanya.

BACA JUGA: Mencicipi Kelezatan Kuliner Khas Kendari, Coba 4 Makanan Ini

6. Konro

Konro adalah makanan khas Makassar lainnya yang namanya sudah cukup dikenal oleh masyarakat luas.

Semangkuk konro terbuat dari iga sapi yang diolah sedemikian rupa bersama dengan ragam rempah-rempah asli Indonesia.

Diantara semua bumbu, kluwuk merupakan poin utama yang bisa membuat kuah konro tampak mencolok dengan warna hitamnya.

Sebelum di masak, iga sapi akan terlebih dahulu dibaluri dnegan bumbu untuk selanjutnya direbus hingga matang sempurna.

Lalu diberi aneka rempah seperti merica, pala, kayu manis, air asam dan juga kacang merah.

***

 

 

Pos terkait