Puncak Popalia Tempat Asyik Buat Camping dan Hiking di Konawe Selatan

Puncak Popalia
Puncak Popalia, Konawe Selatan, Sultra.

TURISIAN.com – Puncak Popalia menjadi salah satu pilihan objek wisata yang asyik buat Sobat Turisian yang gemar aktivitas camping dan hiking. Dengan ketinggian puncak sekitar 350 mdpl, kawasan wisata ini memiliki vegetasi tumbuhan cemara gunung yang mendominasi.

Pohon cemara gunung mempunyai batang berwarna cokelat kehitaman dan terbilang cukup kokoh. Daunnya sama seperti daun cemara pada umumnya dan memiliki aroma yang cukup wangi.

Sobat Turisian akan menemukan deretan pepohonan cemara gunung di sepanjang jalur menuju Puncak Popalia. Terasa kesan keasrian dari destinasi wisata minat khusus di Sulawesi Tenggara ini.

Agar bisa sampai ke puncak, Sobat Turisian harus melewati 3 pos utama atau titik peristirahatan. Di Pos pertama pemandangan alam desa sudah bisa kalian lihat dan nikmati. Setelah menelusuri tanjakkan cukup terjal, kemiringannya kurang lebih 120 derajat.

Makanya, saat memulai hiking di tempat ini, Sobat Turisian harus berkonsentrasi dan berhati-hati. Karena baru memulai perjalanan sudah harus melewati tanjakkan.

Kurang lebih 50 meter dari pos satu, kalian harus menaiki tanjakan kedua untuk mencapai pos dua. Kemiringannya kurang lebih sama dengan tanjakan pertama, hanya saja tidak terlalu jauh.

Selain itu, saat menuju ke pos dua juga akan menemukan jalur di pinggir tebing dengan vegetasi tumbuhan jenis tanaman paku. Lalu dari pos dua menuju pos tiga, Sobat Turisian akan melewati punggung kuda tumbuhan cemara gunung. Perlu berhati-hati karena pijakkan untuk berjalan tidak terlalu lebar.

Baca juga: Traveling ke Pulau Hari Konawe Selatan yang Memesona dan Bikin Betah

Setelah dari pos tiga menuju Puncak Popalia, pemandangan alam desa dan pegunungan Wolasi akan memanjakan mata Sobat Turisian dan membayar rasa lelah selama perjalanan.

Pesona Sunset & Sunrise di Puncak Popalia

Jam 3 sore menjadi waktu yang tepat untuk mulai hiking ke puncak ini dari desa. Pasalnya ketika sampai di puncak nanti, kalian bisa menikmati indahnya sunset.

Lanjut lagi dengan pemandangan landmark Kota Kendari di malam hari yang penuh kerlap-kerlip cahaya lampu. Berbalut tiupan angin yang akan menambah kesejukan, sambil menikmati sajian makan malam dan secangkir kopi hangat.

Begitu menjelang terbitnya fajar di pagi hari, Sobat Turisian juga bisa menyaksikan keindahan sunrise. Selain keindahannya, pancaran pertama sang mentari juga sangat ditunggu para pendaki Puncak Popalia. Karena dapat merasakan hangatnya mentari yang memecah kegelapan malam dan dingginnya udara.

Kalau Sobat Turisian beruntung, dapat menikmati hamparan awan yang berada di sekitar puncak. Biasanya awan mucul pada bulan tertentu terutama di musim hujan. Di tempat ini juga, kalian bisa sepuasnya berburu foto-foto yang eksotik dan instagenic, sebab banyak sudut alam yang ciamik jadi spot foto.

Lokasi Puncak Popalia Konawe Selatan

Lokasi Puncak Popalia berada di Desa Ranowila, Kecamatan Wolasi, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra). Terletak sekira 20 km dari Kota Kendari, dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit. Sobat Turisian bisa mencapainya dengan memakai kendaraan yang nantinya bisa Sobat Turisian titipkan di rumah warga sekitar.

Baca juga: Liburan ke Desa Namu Konawe Selatan dengan Alamnya yang Memesona

Masuk objek wisata alam ini tidak ada biaya masuk alias gratis. Sobat Turisian hanya perlu memamtuhi aturan yang ada. Seperti tidak meninggal titik api dan sampah plastik di lokasi camping. Supaya terhindar dari kebakaran hutan dan tempat ini tetap terjaga dan lestari.*

 

 

Sumber & Foto: Dispar Sultra

Pos terkait