Pemandian Alam Wawolesea Konawe Utara yang Memesona dan Berkhasiat

Pemandian Alam Wawolesea
Pemandian Wawolesea Konawe Utara, Sultra. (Source: Dispar Sultra)

TURISIAN.com – Kabupaten Konawe Utara di Provinsi Sulawesi Tenggara menyimpan banyak potensi alam yang unik dan memesona. Salah satunya Pemandian Alam Wawolesea yang airnya juga berkhasiat. Sobat Turisian mesti datang ke sini untuk menyegarkan badan sekalian liburan.

Air di pemandian tersebut merupakan kolam alami yang airnya keluar dari perut bumi langsung. Nikmatnya lagi, air di sini bersuhu hangat, sangat nyaman di tubuh pada saat berendam. Berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Nama Pemandian Alam ini sesuai nama tempatnya berada, yakni di Wawolesea, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Tampilannya sangat unik dan menarik buat latar foto Sobat Turisian yang senang selfie. Sebab penampilan beberapa kolam uniknya sangat instagramable.

Keunikannya tampak pada bentuknya yang khas seperti terasering persawahan. Dari kejauhan pun, Sobat Turisian dapat melihatnya sangat mempesona. Kolam-kolam berbentuk mirip terasering itu pun terbentuk secara alami.

Tingkat suhu pada tiap tingkatan kolam Pemandian Alam Wawolesea berbeda-beda. Sehingga Sobat Turisian bisa memilih mau berendam pada kolam terasering. Sesuai dengan daya tahan tubuh terhadap suhu panasnya yang berbeda-beda tersebut.

Tampilan pun semakin indah dengan warna air kolamnya yang terlihat biru muda. Di sekeliling terdapat tembok pendek abu kecoklatan yang memagarinya. Kadang air tersebut juga nampak kehijauan pada jarak yang lebih jauh kontras dengan warna langit senja yang semburat kemerahan.

Baca juga: Terpukau dengan Air Terjun Lamesou, Hidden Gem Wisata Konawe Utara

Dari segi rasa airnya pun cukup unik karena terasa asin seperti air laut. Padahal lokasi Pemandian Alam Wawolesea Konawe Utara ini jauh dari pantai.

Pemandangan alam di sekitar tempat pemandian yang satu ini juga tak kalah indahnya. Terdapat jajaran hutan pinus yang mengelilinginya. Menjadikan suasananya tampak asri.

Bahkan kalau Sobat Turisian beruntung akan berjumpa beberapa satwa liar. Seperti monyet khas Sulawesi dan juga burung-burung yang banyak beterbangan.

Khasiat Air Pemandian Alam Wawolesea

Kemudian dari segi kandungannya, air di pemandian ini mengandung zat kapur yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Sehingga akan terlihat eruh airnya. Namun jangan khawatir air ini bersih meski sepintas terlihat keruh.

Penyebab keruhnya air Pemandian Alam Wawolesea tersebut akibat kandungan kapurnya, serta ada juga kandungan belerangnya. Kandungan kapur pada airnya inilah yang kemudian membentuk semacam semen sehingga bisa terbentuk kolam-kolam terasering.

Rute Menuju Lokasi Pemandian

Lokasi objek alam ini mudah Sobat Turisian jangkau. Kalau perjalanan berawal dari Kendari, ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara, maka kalaian akan tempuh jarak sekitar 80 kilometer. Apabila berangkat dari ibu kota Kabupaten Konawe Utara atau Kecamatan Wanggudu, berjarak sekira 20 kilometer saja atau kurang lebih selama 2 jam perjalanan.

Baca juga: Pulau Saponda Laut, Surga Terpencil di Tengah Lautan Konawe

Untuk menuju Pemandian Alam Wawolesea, telah tersedia banyak angkutan umum yang melintasi kawasan pemandian ini. Bahkan sejak dari Kota Kendari pun sudah ada.*

Pos terkait