Terpukau dengan Air Terjun Lamesou, Hidden Gem Wisata Konawe Utara

Air Terjun Lamesou
Air Terjun Lamesou di Konawe Utara, Sultra. (Source: Dispar Sultra)

TURISIAN.com – Kali-kali Sobat Turisian berlibur ke wilayah Sulawesi Tenggara. Di sana banyak objek wisata alam yang memukau dan memesona. Seperti Air Terjun Lamesou di Kabupaten Konawe Utara (Konut).

Destinasi wisata alam ini masih terbilang baru tereksplorasi oleh masyarakat sekitar. Bisa dikatakan Air Terjun Lamesou ini merupakan hidden gem wisata Konut.

Lokasinya terletak di Desa Lametono, Kacamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra). Menuju ke objek wisata Air Terjun Lamesou, Sobat Turisian bisa menempuhnya dengan perjalanan selama kurang lebih 2 jam dari pusat kota Konawe Utara. Berjarak kurang lebih 2 km.

Perjalanannya dapat menggunakan kendaraan motor atau mobil. Hanya saja tidak bisa pakir dekat air terjun, jadi kendaraan bisa parkir di titik tracking Air Terjun Lamesou. Dari area parkir, Sobat Turisian harus berjalan kaki untuk tiba di air terjun.

Bagi Sobat Turisian pencinta wisata alam yang tertarik berkunjung ke tempat ini, akan puas menikmati keindahan dan suasana hutan yang sejuk. Namun untuk menikmatinya butuh sedikit perjuangan yang cukup memacu adrenalin dalam trekking ke lokasi air terjun.

Pasalnya, dalam perjalanan trekking, Sobat Turisian akan melewati aliran sungai yang cukup deras. Setidaknya kurang lebih sepuluh kali menyeberangi aliran sungai yang sama. Oh iya sebaiknya Sobat Turisian membawa perlengkapan berupa tali sebagai alat bantu dalam menyeberangi sungai. Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: 4 Aktivitas Seru di Pantai Toronipa Konawe, Bikin Liburanmu Berkesan!

Masih di tengah perjalanan, nantinya Sobat Turisian bakal melewati kebun warga setempat dan sedikit kawasan hutan. Untungnya, medan yang terlewati sepanjang jalan sangat landai sehingga tenaga tidak terlalu terkuras hingga sampai ke lokasi. Tetapi saat mendekati titik tujuan, Sobat Turisian perlu berhati-hati karena banyak bebatuan besar.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Lamesou

Di objek wisata ini, Sobat Turisian akan menikmati keindahan alam sekitar berpadu menjadi satu. Pemandangan air terjun yang luar biasa, suara deburan air terjun, pepohonan rindang, udara yang sejuk. Tambah lagi suara burung bersiul saling bersautan semakin menenangkan jiwa dan pikiran.

Singkatnya, Air Terjun Lamesou berada pada tingkat kedua dengan ketinggian kurang lebih 70 meter. Sekeliling air terjun ini banyak tumbuh pepohonan yang cukup rindang. Kolam jatuhan air terjun ini cukup dalam dan sulit untuk menjangkau dasarnya.

Kolam yang dalam tersebut cukup aman bagi Sobat Turisian yang menguji adrenalin yang berani melompat dari bebatuan yang ada di sisi kiri dan kanan air terjun. Meski demikian, terdapat kolam lain di bawah kolam utama dan bisa menjadi titik untuk berenang bagi Sobat Turisian yang lihai berenang.

Baca juga: Menyantap Sate Pokea, Sate Kerang Air Tawar Khas Sulawesi Tenggara

Objek wisata ini memang tampak masih alami dan juga belum memiliki fasilitas penunjang. Jadi bagi Sobat Turisian yang ingin berkunjung ke Air Terjun Lamesou agar membawa bekal sescukupnya. Lalu bawa juga peralatan safety dan keperluan pribadi lainnya.*

 

Pos terkait