Pulau Saponda Laut, Surga Terpencil di Tengah Lautan Konawe

Pulau Saponda Laut
Pulau Saponda Laut di Konawe, Sultra.

TURISIAN.com – Suka dengan wisata bahari yang masih ‘perawan’, Sobat Turisian mesti coba ke Sulawesi Tenggara (Sultra). Di sana ada deretan pulau kecil dengan pantai yang memesona dan masih alami, salah satunya Pulau Saponda Laut.

Lokasinya masuk ke wilayah Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe. Pulau yang indah tak berpenghuni ini masih jarang yang mengunjungi, sehingga kondisi alamnya masih alami dan jauh dari keramaian. Hingga tak sedikit yang menjulukinya sebagai surga terpencil di tengah lautan Konawe.

Walaupun tak berpenghuni, Pulau Saponda Laut menjadi tempat singgah sejumlah nelayan dari desa di sekitarannya. Yakni Desa Saponda Darat, Desa Bajo, Desa Mekar, dan desa lainnya yang berada di Tanjung Toronipa.

Di sini juga terdapat rumah singgah nelayan di bagian belakang pulau tersebut yang jumlahnya kurang lebih 20 rumah. Rumah persinggahan ini akan nelayan tempati saat musim sedang teduh. Namun, ketika musim timur semuanya akan kembali ke desanya masing-masing.

Jarak Pulau Saponda Laut dari Toronipa kurang lebih 15 mil dengan waktu tempuh 80 menit. Sampai sekarang belum ada perhitungan berapa luas pulau ini. Tetapi panjang pulau dari depan ke belakang kurang lebih 1 km.

Baca juga: Takjub, Melihat Pesona Lautan Awan di Desa Ahuawali Konawe!

Untuk sampai ke ke tempat ini, Sobat Turisian dapat menggunakan kapal nelayan di Kecamatan Soropia dengan biaya sewa mulai dari Rp1 juta sampai Rp1,5 juta pulang pergi (PP). Harga ini tergantung kapasitas penumpangnya. Makanya akan lebih murah jika kalian datang secara rombongan.

Meski harus mengeluarkan uang yang terbilang banyak. Sobat Turisian akan terpuaskan dengan keindahan panorama pantainya. View-nya bikin jatuh hati dan berat untuk meninggalkannya.

Daya Tarik Pulau Saponda Laut Konawe

Dari Pulau Saponda Laut, Sobat Turisian juga dapat melihat Pulau Labengki, Konawe Utara (Konut). Kemudian pemandangan Pulau Wawonii, Konawe Kepulauan (Konkep) dan Pualu Menui, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Saat berada di pulau ini, Sobat Turisian bisa mengeksplorasi hamparan pasir pantai nan putih dengan air laut yang jernih. Menampakkan jelas degradasi birunya laut sehingga menambah pesona keindahan pulau ini.

Sekeliling Pulau Saponda Laut juga banyak tumbuh berbagai jenis tanaman pohon. Ada pohon pinus yang mendominasi dengan ukuran cukup besar. Tak sampai di situ, panorama bawah laut pulau ini juga tak kalah menawannya. Terlebih spot bawah lautnya cukup aman karena jauh dari palung. Jarak garis pantai ke palung sekitar 50 meter.

Baca juga: 4 Aktivitas Seru di Pantai Toronipa Konawe, Bikin Liburanmu Berkesan!

Jadi sepanjang garis pantai tersebut Sobat Turisian dapat snorkeling untuk melihat keindahan karang di sekitar Pulau Saponda Laut. Tapi, kalian harus tetap waspada atau berhati-hati karena arus ombak di pulau ini cukup kuat karena berada di kawasan laut lepas yaitu Laut Banda.*

 

 

 

Sumber & Foto: Dispar Sultra

Pos terkait