Takjub, Melihat Pesona Lautan Awan di Desa Ahuawali Konawe!

Desa Ahuawali Konawe
Puncak Bukit di Desa Ahuawali Konawe, Sultra. (Source: Dispar Sultra)

TURISIAN.com – Desa Ahuawali di Konawe memiliki sebuah bukit yang menyuguhkan pemandangan lautan awan yang menakjubkan. Sobat Turisian pun akan takjub dan terhipnotis begitu melihat langsung panorama bagai negeri di atas awan ini.

Pesona keindahan awan tersebut tampak karena bukit Desa Ahuawali berada di atas ketinggian kurang lebih 750 mdpl. Wilayah desa ini berada di Kecamatan Puriala, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Objek wisata ini dapat Sobat Turisian tempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Berjarak sekitar 65 kilometer dari ibu kota Provinsi Sultra, Kota Kendari. Dengan durasi perjalanan rata-rata selama dua jam.

Ada dua rute yang dapat Sobat Turisian pilih, pertama melalui jalur poros Kendari- Tirawuta Kolaka Timur (Koltim). Jalur kedua via Kendari- Mowila Konawe Selatan (Konsel).

Begitu memasuki kawasan Desa Ahuawali Konawe, mata Sobat Turisian akan disuguhi keindahan pegunungan dan hamparan padang ilalang (savana) di sisi kanan. Asyiknya lagi kondisi alam sekitar masih terawat dan asri.

Baca juga: Traveling ke Pulau Hari Konawe Selatan yang Memesona dan Bikin Betah

Hamparan padang savana begitu luas dan jenis pepohonan berbaris rapi menjadi pemandangan daratan dari gunung ini yang menakjubkan. Keindahan warna hijau, emas kekuningan, dan hembusan angin yang sejuk akan menyambut dan memanjakan mata Sobat Turisian.

Tempat ini cocok banget buat Sobat Turisian yang mencari ketenangan buat healing. Atau relaksasi tubuh serta pikiran untuk melepas rasa penat dari rutinitas perkotaan.

Popularitas Desa Ahuawali Konawe

Desa Ahuawali mulai meningkat popularitasnya setelah objek wisata ini viral di media sosial. Hal itulah yang membuat para traveler dan pencinta jelajah alam tertarik dan berbondong-bondong mengunjungi destinasi ini.

Meski masih tergolong baru, namun spot wisata Konawe yang satu ini dapat bersaing dengan spot wisata yang serupa, khususnya di Sultra. Seperti Puncak Desa Tangkeno, Bukit Teletubbies di Kabupaten Bombana, dan lainnya.

Destinasi wisata yang ramai pengunjung di malam Minggu ini, juga menjadi salah satu spot terbaik menikmati momen sunset. Untuk mendapatkan momen senja yang indah tersebut, sebaiknya mulai mendaki di sore hari agar tidak kepanasan.

Baca juga: 4 Aktivitas Seru di Pantai Toronipa Konawe, Bikin Liburanmu Berkesan!

Buat Sobat Turisian yang hendak mengabadikan keindahan alam selain sunset di puncak Desa Ahuawali ini, sebaiknya menginap semalam di bukit. Jadi bisa sekaligus menikmati matahari terbit (sunrise). Kalau beruntung, kalian akan meihat lautan awan yang menyelimuti desa ini.*

Pos terkait