Air Terjun Jammeng bak Tirai yang Indah di Bumi Tanadoang

Air Terjun Jammeng
Air Terjun Jammeng, Selayar. (Source: Disparbud Selayar)

TURISIAN.com – Wisata bahari memang menjadi unggulan Kepulauan Selayar karena memiliki banyak deretan pantai yang indah. Namun saat berlibur di Bumi Tanadoang ini, Sobat Turisian juga jangan lewatkan objek wisata alam lain yang tak kalah menariknya. Seperti Air Terjun Jammeng di pesisir timur pulau ini.

Objek air terjun yang satu ini juga banyak yang menyebutnya dengan nama Ohe Gonggong. Lokasinya terletak di Jammeng, Desa Laiyolo Baru, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Di Air Terjun Jammeng, Sobat Turisian bisa menikmati dan memanjakan mata dengan sajian pemandangan indah yang belum banyak terjamah manusia. Panorama alam sekitarnya tampak asri dan sejuk karena terdapat tumbuhan hijau yang menjadi daya tarik tersendiri.

Tambah asyik lagi karena aliran air terjun ini sangat jernih dan menyegarkan. Sehingga Sobat Turisian tidak hanya memandangi alam indah di tempat ini, tapi juga bisa sekadar bermain air ataupun berenang di kolam jatuhan airnya.

Aliran air terjun ini bermuara ke pantai timur Kepulauan Selayar. Di mana air mengalir dari hulu ke hilir melewati tujuh tingkatan. Hal inilah yang juga menjadi daya tarik keindahan objek wisata tersebut.

Baca juga: Menyelami Keindahan Alam Pantai Pinang Selayar

Satu lagi yang tak boleh Sobat Turisian lewatkan saat berkunjung ke destinasi Air Terjun Jammeng. Yaitu berburu foto-foto cantik di spot-spot alami yang eksotik. Tentunya juga hasil fotonya instagenik banget buat mengisi koleksi foto di akun medsos kalian.

Tempat wisata ini berjarak sekitar 25 km dari Kota Benteng, ibu kota Kabupaten Kepulauan Selayar. Sobat Turisian bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Daya Tarik Lain Wisata Air Terjun Jammeng

Daya tarik lain di sekitar Air Terjun Ohe Gonggong, yakni area hutan dan perkampungan Jammeng. Di sana juga tersedia homestay untuk wisatawan yang ingin menginap untuk beberapa hari di objek wisata air terjun ini.

Untuk menuju ke destinasi wisata air terjun ini, Sobat Turisian bisa memilih waktu idealnya. Yakni sekitar periode Desember sampai April, saat kondisi air tidak mengalir deras dan jernih.

Namun untuk mengakses kawasan wisata ini membutuhkan effort lebih, karena kalian harus menempuhnya dengan berjalan kaki sekitar 3 km dari jalan raya. Tetapi jangan khawatir, sepanjang perjalanan Sobat Turisian bisa menikmati suasana sejuk dari pepohonan yang terdapat di kiri kanan jalan setapak yang kalian lalui.

Baca juga: Tari Padupa, Tarian Penyambutan Tamu di Kepulauan Selayar

Tak hanya Air Terjun Jammeng, ada pula Air Terjun Patikore yang terletak di desa yang sama. Sehingga Sobat Turisian bisa sekaligus mengunjunginya. Keistimewaan dari air terjun ini karena dari beberapa titik, kalian dapat menyaksiskan pemandangan pantai barat Kepulauan Selayar dari ketinggian.*

 

Pos terkait