Trans Jogja Buka Rute Baru Ngabean-Palbapang, Wisatawan Bisa Naik Umum

Ngabean-Palbapang
Bus Trans Jogja sedang berhenti di halte untuk menaikan penumpang. Foto: iStock

TURISIAN.com – Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan suasana pedesaan di Ngabean-Palbapang Yogyakarta, tak perlu lagi mengandalkan kendaraan pribadi.

Sekarang pemerintah sudah menyiapkan rute baru menuju kedua daerah tersebut melalui rute Trans Jogja Ngabean-Palbapang.

“Ini merupakan bagian dari pada evaluasi kita semuanya yang pada intinya bagaimana kita memberikan pelayanan yang maksimal untuk masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya,” kata Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Suharto usai peluncuran jalur baru Trans Jogja di Terminal Palbapang Bantul, Kamis 3 November 2022.

BACA JUGA:Bantul Nanti akan Punya ‘Prajurit Mataram’ Seperti di Inggris

Pembukaan rute ini merupakan Kerjasama pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Kementerian Perhubungan.

Jalur baru Trans Jogja rute Ngabean-Palbapang yakni dari terminal Ngabean Kota Yogyakarta menuju terminal Palbapang Kabupaten Bantul, DIY atau sebaliknya.

Menurut dia, apa yang dilakukan hari ini juga merupakan kolaborasi yang luar biasa antara Pemerintah Daerah DIY bersama Kota Yogyakarta.

Termasuk Kabupaten Bantul yang saat ini telah terdapat rute transportasi umum Trans Jogja.

BACA JUGA: Pantai Depok Bantul, Tempat Asyik Nikmati Keindahan Alam dan Sajian Seafood

“Yang tentunya memberikan suatu pelayanan kepada masyarakat, karena tentunya transportasi itu tidak dibatasi oleh wilayah, hari ini kita buktikan bahwa angkutan umum itu tidak membatasi wilayah,” katanya.

“Saya kira itu, dan hari ini merupakan awal yang baik untuk nantinya kita akan terus mengevaluasi supaya pelayanan angkutan umum ini bisa maksimal kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyatakan, atas nama Pemkab dan masyarakat Bantul sangat berbahagia.

BACA JUGA: Pariwisata Bantul Siap Menyambut Wisatawan Mancanegara, Tampilkan Atraksi di YIA

Bisa Mengurangi Transportasi Pribadi

Ia  menyambut baik atas kehadiran moda transportasi umum Trans Jogja yang kini telah menjangkau Kabupaten Bantul.

“Kami berharap dengan hadirnya rute baru ini akan dapat melayani kebutuhan masyarakat Bantul akan transportasi umum yang representatif, nyaman dan terjangkau,” katanya.

Begitu pun bus umum ini bisa pula memberikan pelayanan bagi wisatawan. ,Termasuk dalam upaya  meningkatkan produktivitas masyarakat dan kelancaran transportasi.

Bupati Bantul juga berharap, dengan adanya layanan transportasi ini akan dapat mendorong masyarakat Bantul untuk mengurangi dari alat transportasi pribadi ke alat transportasi umum.

“Karena saat ini kita ketahui bersama bahwa jumlah kendaraan bermotor semakin hari semakin banyak, namun pertumbuhan ruas jalan tidak sebanding,” tutupnya. ****

Sumber: Antaranews

Pos terkait