Pantai Depok Bantul, Tempat Asyik Nikmati Keindahan Alam dan Sajian Seafood

Pantai Depok Bantul
Pantai Depok Bantul. (Source: visitingjogja)

TURISIAN.com – Berlibur ke Kabupaten Bantul jangan hanya ke Pantai Parangtritis, tapi Sobat Turisian juga bisa mampir ke Pantai Depok yang lokasinya tak terlalu jauh, hanya sekitar 1,5 km. Di sini kalian bisa menikmati keindahan alam, sembari menikmati sajian seafood yang masih segar.

Keramaian destinasi pantai di Yogyakarta ini berawal sekitar 14 tahun yang lalu. Kala itu ada beberapa nelayan dari Cilacap menemukan tempat pendaratan yang memadai di Pantai Depok. Nelayan tersebut membawa hasil laut yang banyak, sehingga mampu menggugah warga setempat beralih profesi dari petani lahan pasir menjadi nelayan ikan.

Jarak yang tak terlalu jauh dari Pantai Parangtritis, membuat kawasan wisata ini mengalami peningkatan pengunjung. Sehingga bermunculan warung makan seafood dengan nuansa tradisional lesehan menggunakan tikar dan meja-meja kecil. Meski sederhana, warung makan tampak bersih dan nyaman.

Sajian berbagai menu seafood siap menyambut kedatangan Sobat Turisian. Di Pantai Depok ini kalian bisa menikmati kelezatan hidangan ikan cakalang yang menjadi menu populernya. Karena harga yang terjangkau per kilogram. Ada pula pilihan ikan lainnya, seperti kakap putih, kakap merah, bawal, dan lainnya.

Pengolahan bahan-bahan seafood tersebut bisa Sobat Turisian pilih, mau bakar atau goreng tergantung selera. Untuk memesannya, kalian bisa menuju tempat pelelangan ikan (TPI) untuk membeli ikan atau tangkapan laut yang lain.

Baca juga: Berburu Spot Foto Eksotik dan Instagenic di Hutan Pinus Pengger Bantul

Setelah itu, biasanya Sobat Turisian akan ada warga yang mengantar menuju salah satu warung makan yang ada di Pantai Depok. Tak perlu khawatir soal harganya karena tidak terlalu menguras kantong.

Pesona Alam Pantai Depok Bantul

Daya tarik objek wisata pantai di Bantul ini, tidak hanya terletak pada sajian hidangan seafood saja. Di tempat ini, Sobat Turisian juga bisa memanjakan mata dengan pesona keindahan alam sekitar.

Salah satunya ada pemandangan hamparan gumuk pasir yang terbentang luas sampai ke kawasan Parangkusumo dan Parangtritis. Gumuk pasir di Pantai Depok merupakan satu-satunya di kawasan Asia Tenggara dan menjadi suatu fenomena yang jarang kalian temui di wilayah tropis lainnya.

Gumuk Pasir di kawasan pantai yang satu ini terbentuk melalui proses yang unik selama ribuan tahun yang lalu. Ada beberapa tipe yang terbentuk, yaitu parabolic dune, longitudinal dune, comb dune, dan barchan dune. Prosesnya dari angin laut dan bukit terjal di sebelah timur menerbangkan pasir hasil aktivitas Merapi yang terendap di dekat sungai menuju daratan, membentuk bukit pasir atau gumuk.

Lokasi pantai tersebut terletak di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekitar 30 km di sebelah selatan Kota Yogyakarta. Untuk menuju ke sini, Sobat Turisian bisa melalui rute yang sama dengan jalur ke Parangtritis dari Yogyakarta.

Baca juga: Desa Wisata Gerbang Banyu Langit Bantul yang Nyaman Buat Wisata Keluarga

Nanti, setelah tiba di dekat pos retribusi Parangtritis, kalian tinggal berbelok ke kanan menuju Pantai Depok. Biaya masuk objek wisata pantai di Bantul pun ini pun sangat terjangkau, dan itu sudah termasuk ongkos parkir kendaraan.*

Pos terkait