Mengenal Lebih Dekat Tradisi Kesenian Bali di Museum Ogoh-ogoh

Museum Ogoh-Ogoh
Museum Ogoh-Ogoh di Badung, Bali.

TURISIAN.com – Selain keindahan alam, Bali merupakan pulau yang eksotis dengan keunikan budayanya yang khas. Beragam tradisi dan jenis kesenian ada di dalam budaya Bali. Tidak hanya pertunjukkan langsung yang bisa Sobat Turisian nikmati. Namun ada pula tempat untuk menambah pengetahuan tentang kesenian di Bali, salah satunya Museum Ogoh-ogoh.

Kesenian Ogoh-ogoh sudah menjadi tradisi budaya di Pulau Dewata yang lestari secara turun menurun. Hal ini berhubungan dengan kehidupan masyarakat asli Pulau Bali yang menganut agama Hindu.

Sebagai informasi, bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara agama Hindu di Bali atau Hindu Dharma, dengan agama Hindu di negara lain. Perbedaan inilah yang menjadi keunikan tersendiri untuk tradisi budaya Bali. Seperti tradisi Ngaben, Potong Gigi, dan tradisi kesenian Ogoh-ogoh.

Ogoh-ogoh sendiri merupakan karya seni patung dalam kebudayaan Bali yang menggambarkan kepribadian Bhuta Kala. Dalam ajaran Hindu Dharma, Bhuta Kala merepresentasikan kekuatan alam semesta (Bhu) dan waktu (Kala) yang tak terukur dan takterbantahkan.

Baca juga: Berkunjung ke Air Terjun Nungnung, Surga Alam di Kabupaten Badung

Dalam perwujudan patung yang dimaksud, Bhuta Kala tergambarkan sebagai sosok yang besar dan menakutkan, biasanya dalam wujud raksasa. Selain itu, penggambaran Ogoh-ogoh sering pula dalam wujud makhluk-makhluk yang hidup di Mayapada, Syurga, dan Naraka. Seperti naga, gajah, garuda, Widyadari, bahkan dewa.

Dalam fungsi utamanya, Ogoh-ogoh sebagai representasi Bhuta Kala, masyarakat Bali membuatnya menjelang Hari Nyepi. Kemudian mereka arak beramai-ramai keliling desa pada senja hari Pangrupukan, sehari sebelum Hari Nyepi. Nah kalau Sobat Turisian ingin lebih jauh mengenal tradisi kesenian yang keren ini bisa langsung datang ke Museum Ogoh-ogoh.

Lokasi, Jam Buka, & Harga Tiket Museum Ogoh-ogoh

Objek wisata edukasi budaya ini berlokasi di Jalan Ayodya No.1, Taman Ayun, Desa Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. Museum ini buka setip hari dari Senin sampai Minggu. Mulai pukul 8.00 WITA sampai dengan pukul 18.00 WITA.

Baca juga: Pura Taman Ayun, Taman Indah Peninggalan Kerajaan Mengwi Bali

Sementara untuk masuk ke Museum Ogoh-ogoh Bali ini, Sobat Turisian harus membeli tiket masuk dengan harga yang masih terjangkau. Harga tiket masuknya, untuk WNA Dewasa Rp25.000 dan Anak-anak Rp10.000. Sedangkan bagi WNI Dewasa sekitar Rp15.000 dan Anak-anak Rp5.000 per orang.*

 

 

 

Sumber & Foto: Dispar Badung

Pos terkait