Dukung Pengembangan Desa Wisata, Ini yang akan Dilakukan Kementerian PUPR

Pengembangan Desa Wisata
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai menyerahkan tropi ADWI 2022 untuk para pemenang kategori Desa Wisata Berkembang. Foto: Dok PUPR

TURISIAN.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mendukung pengembangan desa wisata.

Hal itu disampaian Menteri PUPR Basuki Hadimuljono tak lama setelah ikut memberikan piagam penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Pada kesempatan ini, Menteri Basuki turut serta menyerahkan piala penghargaan untuk para pemenang kategori Desa Wisata Berkembang.

“Selamat kepada para penerima penghargaan, mudah-mudahan ini bisa menjadi promosi bagi desa anda sekalian untuk dikunjungi. Begitu dikunjungi, pasti kesejahteraan masyarakat desanya akan meningkat,” kata Menteri Basuki seperti dikutip Turisian.com dari laman resminya, Kamis 3 November 2022.

BACA JUGA: Borong ADWI 2022, Provinsi Sumut Kian Gercep Kembangkan Desa Wisata

ADWI merupakan ajang apresiasi atas keberhasilan dalam mengembangkan desa wisata yang berkelanjutan, berdaya saing global, dan berkelas dunia.

“Desa wisata merupakan bagian dari pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs),” ungkap Menparekraf Sandiaga Uno.

Destinasi Pariwisata Super Prioritas

Kementerian PUPR senantiasa mendukung pengembangan sektor pariwisata nasional. Antara lain, melalui program pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

BACA JUGA: Situs Gunung Padang Cianjur Juara Toilet Umum Terbaik ADWI 2022

Termasuk juga, pada  Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Kemudian, penataan kawasan terpadu di 514 kabupaten/kota, pembangunan dan peningkatan kualitas sarana hunian wisata (Sarhunta) atau homestay.

Untuk ke depannya, Menteri Basuki mengatakan Kementerian PUPR akan meningkatkan pembangunan jalan daerah untuk mendukung konektivitas pariwisata daerah.

Menurutnya, selama ini Kementerian PUPR hanya berwenang untuk menangani jalan nasional dan jalan tol.

BACA JUGA: Masuk 50 Besar Terbaik ADWI 2022, Desa Wisata Ini Makin Dikembangkan

Sedangkan, jalan daerah baik jalan provinsi, jalan kabupaten, jalan kota, maupun jalan desa merupakan kewenangan Pemerintah Daerah setempat.

Basuki menambahkan saat ini tengah disiapkan Instruksi Presiden (Inpres) tentang Jalan Daerah yang rencananya akan diprogramkan pada tahun anggaran 2023.

Dengan adanya Inpres tersebut, Kementerian PUPR akan mampu secara langsung menangani jalan daerah.

“Kalau sudah dianggarkan, nanti akan kita lihat ruas-ruas jalan daerah mana yang menjadi prioritas. Semoga setelah kita dukung konektivitasnya, capaian desa wisata ini menjadi lebih baik ke depannya,” tutup Menteri Basuki. terkait pengembangan desa wisata  ***

Pos terkait