Borong ADWI 2022, Provinsi Sumut Kian Gercep Kembangkan Desa Wisata

Provinsi Sumut
Perahu wisata bersandar di Pulau Samosir Toba, Provinsi Sumatera Utara. Foto: iStock

TURISIAN.com – Provinsi Sumut (Sumatera Utara) memborong tiga sekaligus penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022.

Ketiga penghargaan yang diraih tersebut masing-masing untuk kategori desa wisata terbaik CHSE, desa wisata terbaik digital kreatif dan desa wisata terfavorit.

Tiga desa itu yakni Desa Wisata Hilisimaetano di Kabupaten Nias Selatan, Desa Wisata Kampung Warna-Warni Tigarihit di Kabupaten Simalungun. Dan Desa Wisata Buluh Duri di Kabupaten Serdang Bedagai.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisa Sumut Zumri Sulthony di Medan, Senin 31 Oktober 2022  mengatakan keberhasilan ketiga desa ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi desa lainnya.

BACA JUGA: Situs Gunung Padang Cianjur Juara Toilet Umum Terbaik ADWI 2022

Utamanya,  agar bisa mengembangkan potensi desa wisatanyacsehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Penghargaan yang diraih ini kami harap dapat memotivasi desa wisata lainnya di Sumatera Utara. Paling tidak dapat memanfaatkan potensi yang ada baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia,” ujarnya.

Ia juga berharap pencapaian yang diperoleh ketiga desa ini bisa berkontribusi bagi kebangkitan potensi desa-desa wisata di wilayah Sumut.

BACA JUGA: Pesona 3 Desa Wisata Unggulan di Sumatera Barat yang Masuk ADWI 2022

“Kita juga berharap semoga prestasi ini dapat ditingkatkan di masa yang akan datang untuk kepariwisataan keberlanjutan,” katanya.

Gubernur juga berjanji akan makin gencar dan gerak cepat dalam mengembangkan potensi wisata desa yang ada di Provinsi Sumut.

Penganugerahan ADWI 2022 ini sendiri digelar di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Minggu malam (30/10) dengan mengusung tema “Dari Desa untuk Indonesia Bangkit”.

Ada tujuh kategori penilaian, yakni daya tarik, homestay, toilet, suvenir, CHSE, digital dan konten kreatif serta kelembagaan. ***

Sumber: Antaranews

 

 

Pos terkait