Menyelami Keindahan Alam Pantai Pinang Selayar

Pantai Pinang Selayar
Pantai Pinang, Kep. Selayar, Sulsel. (Source: Disparbud Selayar)

TURISIAN.com – Kepulauan Selayar di Sulawesi Selatan menyimpan banyak pesona alam yang indah dan menakjubkan. Sebagian besar berasal deretan pantai dengan panorama yang memanjakan mata. Salah satunya seperti Pantai Pinang.

Objek wisata bahari Kabupaten Kepulauan Selayar yang satu ini terletak di pesisir timur Pulau Selayar. Pengelolaan destinasi pantai ini oleh ekspaktriat asal Prancis. Ia melengkapinya dengan beberapa fasilitas penginapan dan dive centre.

Di tempat ini, Sobat Turisian bisa menikmati hamparan pasir putih yang berpadu indah dengan air laut nan jernih. Tak hanya itu, pemandangan alam bawah lautnya pun sangat menawan. Sehingga Sobat Turisian yang gemar water sport, bisa mencoba aktivitas menyelam dan snorkeling di sini.

Pilihan waktu terbaik berkunjung ke Pantai Pinang Kepulauan Selayar ini, idealnya pada bulan September sampai dengan April. Atau masyarakat Kepulauan Selayar menyebut periode tersebut sebagai musim barat.

Resort di Pantai Pinang Selayar

Saat berkunjung ke tempat wisata ini, Sobat Turisian bisa menemukan 2 resort di sepanjang destinasi wisata pantai ini sebagai tempat singgah wisatawan. Baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Ada Selayar Eco Resort, milik seorang ekspatriat asal Prancis.

Baca juga: Pantai Batang dan Hara, Dua Pesona Pantai dalam Satu Kawasan di Selayar

Resort di Pantai Pinang tersebut mulai berdiri tahun 2010 dan beroperasi tahun 2012, dengan melayani wisatawan lokal dan mancanegara. Untuk masuk ke sini, Sobat Turisian harus membayar tarif masuk sekitar Rp15.000 per orang.

Di dalamnya tersedia 7 cottage, salah satunya berfungsi sebagai restorasi. Semua desain bangunannya bernuansa alami. Tampak tiang bangunan yang sebagian besar terbuat dari bahan dari bambu. Lalu dinding terbuat dari anyaman kulit bambu dan atap dari daun pohon rumbia.

Kerennya lagi, resort Pantai Pinang ini sudah memakai sumber listrik tenaga surya untuk penerangannya, sehingga tidak menimbulkan polusi dan kebisingan di malam hari. Disini juga telah sedia air tawar bersih untuk membersihkan diri setelah puas bermain-main dengan air laut dan pasir putih.

Akses Menuju Pantai Pinang Selayar

Sobat Turisian yang akan menuju ke destinasi wisata Selayar ini, bisa berangkat dari Kota Benteng, Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Selayar. Perjalanan ke wisata Pantai Pinang dapat kalian akses melalui jalur darat dari Benteng ke Pelabuhan Pattumbukang. Dengan waktu tempuh kurang lebih selama 45 menit.

Baca juga: Yuk Nikmati Suasana Senja di Puncak Tanadoang Selayar!

Selanjutnya dari Pelabuhan Pattumbukang, Sobat Turisia akan melanjutkan perjalanan dengan menyeberangi perairan laut menggunakan angkutan kapal jenis Jolloro. Kapasitas penumpangnya hingga 15 orang, dengan durasi perjalanan kurang lebih 30 menit.*

 

Pos terkait