Curug Sidomba Kuningan, Tempat Wisata Keluarga yang Menyenangkan

Curug Sidomba Kuningan
Curug Sidomba Kuningan, Jabar. (Source: Disporapar Kuningan)

TURISIAN.com – Curug Sidomba merupakan salah satu objek wisata alam di Kabupaten Kuningan yang cukup menarik. Termasuk salah satu air terjun yang unik dan simpel. Tempat yang sangat cocok Sobat Turisian kunjungi bersama keluarga untuk bersenang-senang di liburan akhir pekan atau liburan panjang lainnya.

Lokasi destinasi wisata ini terletak di kaki Gunung Ciremai, masuk wilayah Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Sobat Turisian dapat menjangkaunya dengan menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari pusat kota Kuningan.

Penemuan Curug Sidomba pertama kali secara tidak sengaja pada tahun 2002 oleh beberapa siswa SMP Islam Terpadu Umar Sjarifudin (ITUS) Kuningan. Mereka sedang mendaki gunung menyusuri sungai di lereng Gunung Ciremai dan saat itulah mereka menemukan air terjun ini.

Baca juga: Yuk Liburan ke Curug Bangkong Kuningan, Banyak Wahana Menarik Lho!

Sebuah air terjun yang berada di sungai dengan jalurnya tepat mengalir di daerah ini. Airnya cukup jernih, dingin, dan segar karena bersumber dari mata air alami Gunung Ciremai. Bahkan curug ini menjadi tempat bertemunya tiga mata air, yaitu Cisade, Cihaliwung, dan Cikapala.

Agar lebih menarik, sungai Curug Sidomba ini pun dibendung dan terdapat berbagai macam ikan, seperti ikan mas dan ikan ‘Kancra Bodas’. Kawasan wisata ini pun memiliki bumi perkemahan (camping ground) yang luas.

Bukan hanya itu, di sini Sobat Turisian juga bisa mengunjungi spot Mini Zoo dengan koleksi beberapa hewan lamgka. Di antaranya domba bertanduk empat, ular, dan lainnya. Lalu ada fasilitas Masjid At-Tin, kolam renang, dan saung yang cocok untuk makan sambil lesehan bersama keluarga.

Baca juga: Mengenal Tradisi Sapton dari Kuningan, Lomba Ketangkasan Menombak Sambil Berkuda

Tersedia pula fasilitas mobil wisata untuk mengelilingi kawasan wisata Curug Sidomba. Ada juga kios jajanan khas Kuningan, kios cendera mata, toilet, area parkir luas, dan wahana flying fox. Penataan tempatnya pun cukup apik dan menawan.*

 

Pos terkait