Terpesona Panorama Gunung Luhur Citorek “Negeri di Atas Awan” Banten

Gunung Luhur Citorek
Gunung Luhur Citorek, Kabupaten lebak, Banten. (Source: Dispar Kab. Lebak)

TURISIAN.com – Kabupaten Lebak, Banten punya spot wisata layaknya Negeri di Atas Awan yang sangat asyik buat Sobat Turisian kunjungi. Namanya Gunung Luhur Citorek, yang berada dalam areal Taman Nasional Gunung Halimun Salak di Banten bagian selatan.

Di tempat ini, Sobat Turisian bakal terpesona dengan keindahan panorama alamya. Terlebih lagi dengan gumpalan lautan awan yang sangat eksotis dan memukau. Hingga tak heran objek wisata ini banyak yang menjuluki sebagai Negeri di Atas Awan. Pokoknya keren banget buat latar foto-foto kalian, Sob!

Tak sampai di situ saja, Sobat Turisian juga dapat menikmati indahnya sunrise di Gunung Luhur Citorek, Kabupaten Lebak ini. Suasana pun makin nyaman dengan balutan hawa yang sejuk, embun pagi yang menyegarkan, dan sentuhan sinar sang mentari. Tambah nikmat lagi dengan ditemani secangkir kopi hangat.

Sunrise dengan lautan awan yang menyerupai “cotton candy” di tempat ini, bisa kalian nikmati dari sehabis fajar hingga sang mentari mulai naik. Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan tersebut, pada jam 5 sampai 7 pagi (sunrise hour).

Baca juga: Lepas Kepenatan dengan Bersantai Ria di Bukit Curahem Shorea Forest Lebak

Biar tak ketinggalan momen indah di Gunung Luhur Citorek tersebut, sarannya Sobat Turisian menginap di cottage-cottage yang tersedia. Atau dapat juga memilih berkemah dengan membayar biaya sewa lahan sekitar Rp30.000 (plus bayar tiket masuk Rp5000).

Kalau tak bawa tenda tak usah khawatir, Sobat Turisian  bisa menyewa dari pengelola kawasan ini. Ongkos sewanya kurang lebih Rp80.000, dengan kapasitas untuk 4 orang. Sehingga kalian tak usah repot-repot bawa perlengkapan camping dari rumah.

Sebagai informasi juga, saat weekend destinasi Gunung Luhur Citorek Banten ini akan penuh pengunjung dengan antrean panjang saat menuju puncak. Jadi pilihan idealnya, Sobat Turisian bisa datang saat weekday.

Di samping itu, cek pula perkiraan cuaca di area saat merencanakan berkunjung ke tempat ini. Sebab ada juga hari, di mana kalian tak akan bisa melihat gulungan awannya, terutama setelah hujan.

Lokasi & Rute ke Gunung Luhur Citorek

Negeri di Atas Awan ini terletak di Desa Citorek Kidul, Kabupaten Lebak, Banten. Berjarak kurang lebih 80 km dari Jakarta. Sobat Turisian bisa menempuhnya dengan perjalanan selama kurang lebih 3 jam. Menggunakan kendaraan roda empat melalui rute Cipanas – Lebak Gedong – Desa Citorek.

Baca juga: Berlibur ke Pantai Bagedur Banten yang Damai dan Masih Asri

Sobat Turisian juga bisa naik kereta commuter line, lalu turun di Stasiun Rangkasbitung dan menyambung dengan transportasi umum dan ojek. Trek untuk pejalan kaki serta jalan kendaraan kini kondisinya sudah baik. Sehingga memudahkan wisatawan untuk mengunjungi puncak Gunung Luhur Citorek yang memiliki ketinggian 1037 mdpl ini.*

Pos terkait