Tari Padupa, Tarian Penyambutan Tamu di Kepulauan Selayar

Tari Padupa Selayar
Tari Padupa Selayar. (Source: Disparbud Kep. Selayar)

TURISIAN.com – Selain memiliki deretan destinasi wisata pantai yang memesona, Kepulauan Selayar pun menyimpan beragam seni dan budaya yang menarik. Salah satunya Tari Padupa yang menajadi salah satu tarian penyambutan tamu yang datang ke pulau ini.

Dalam pementasannya, Sobat Turisian bisa menyaksikan keindahan gerak demi gerak para penari yang tampil dalam balutan pakaian adat Bugis – Makassar. Terdengar pula iringan tabuhan rebana dan alat musik tiup khas Sulawesi Selatan, puik-puik, mengalun berirama, selaras dengan tiap langkah kaki dan gerak tubuh para penari.

Nah yang menjadi keunikan dan ciri khas tarian ini, yaitu para penari tampak membawa sebuah piring kecil atau nampang dari perak. Pada zaman dahulu, nampang ini kerap menjadi wadah untuk membakar dupa (kemenyan). Orang Makassar menyebutnya bosara, karena itu tarian ini bernama Tari Padupa.

Ritual membakar dupa di wilayah ini sendiri, konon merupakan pengaruh agama Hindu yang kemudian bercampur dengan budaya dan tradisi masyarakat Kepulauan Selayar. Mereka percaya dengan membakar dupa dapat mendatangkan keberkatan dan keselamatan.

Baca juga: Wah Indahnya Pantai Liang Kareta di Kepulauan Selayar!

Tari Padupa oleh masyarakat Kepulauan Selayar dipertunjukkan pada saat penyambutan tamu yang bertandang ke Bumi Tanadoang tersebut. Para penarinya dari kaum perempuan.

Pertunjukan Tari Padupa

Sejumlah perempuan tersebut mengenakan pakaian adat, lengkap dengan aksesorinya. Seperti bando bunga, anting, gelang serta kalung. Lalu ada Bosara yang biasanya berisi beras, buah pinang, daun sirih serta lilin di bagian tengahnya.

Kesan sakral pun akan Sobat Turisian rasakan saat menyaksikan Tari Padupa khas Selayar, Sulawesi Selatan ini. Namun seiring perkembangan zaman, isi dari bosara ini kadang-kadang ganti dengan aneka kertas warna-warni.

Dari segi gerakan, hampir keseluruhan dalam tarian ini menampilkan gerakan penghormatan yang berpadu dengan gerakan menyebar beras (isi dari bosara). Sebagai tanda penghormatan dan doa kepada para tamu.

Baca juga: Selain Pantai Indah, Kepulauan Selayar Punya Kesenian Dide yang Menarik

Di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan ini, Tari Padupa biasanya pentas pada acara seremonial kedaerahan. Di antaranya penyambutan tamu pemerintahan, hari ulang tahun Kepulauan Selayar, atau pada acara pesta adat.*

Pos terkait