Terpukau Keunikan Sirtwo Island di Waduk Saguling Bandung Barat

Sirtwo Island
Sirtwo Island di Waduk Saguling, KBB. (Source: visitkbb.bandungbaratkab)

TURISIAN.com – Kabupaten Bandung Barat (KBB) di Jawa Barat memiliki banyak daya tarik wisata yang menarik banyak wisatawan, sebut saja wilayah Lembang di bagian utara. Nah di bagian selatan KBB pun masih banyak destinasi menarik untuk Sobat Turisian kunjungi, seperti Sirtwo Island di Waduk Saguling.

Pulau kecil di tengah Waduk Saguling tersebut terkenal sebagai pulau unik dan eksotis, serta menjadi surganya fosil. Padahal dulunya kawasan ini merupakan area penambangan pasir. Baru pada tahun 2015 kegiatan penambangan tersebut berhenti. Hingga akhirnya berubah menjadi objek wisata yang menarik.

Sirtwo Island memang sebuah pulau yang muncul di saat air waduk mengalami penyurutan. Jadi kalau Sobat Turisian tertarik berkunjung ke sini, musim kemarau menjadi pilihan terbaiknya. Jika datang saat musim hujan, sebagian pulau ini akan terendam air.

Di  kawasan wisata tersebut terdapat beberapa titik spot menarik jika air tengah surut. Di antaranya kalian bakal melihat Monumen Sirtwo yang ibaratnya sebagai seorang wanita yang sedang diperebutkan oleh dua orang pria.

Ada pula Lorong Angklung yang akan mengeluarkan suara seperti angklung saat Sobat Turisian melintasinya. Berikutnya Lorong Tengkorak yang memiliki lorong-lorong penghubung seperti tengkorak. Lalu daya tarik lain di Sirtwo Island yakni Taman Batu dan Rumah Flinstone’s.

Baca juga: 10 Tempat Nongkrong di Kota Bandung yang Masih Populer, Dimana Saja?

Sementara daya tarik dari segi fosil, sebelumnya di pulau tersebut  ada penemuan kerangka hewan purba seperti gajah purba. Sehingga kawasan pulau ini pun menjadi Geopark Rajamandala yang tidak hanya sebagai tempat wisata. Namun juga menjadi tempat edukasi sejarah peninggalan purba di Kabupaten Bandung Barat.

Berada di Sirtwo Island juga bakal membuat Sobat Turisian senang dan betah. Karena sajian alamnya begitu memukau. Sekeliling pulau ini pun merupakan hamparan air dengan latar perbukitan yang hijau.

Suasananya cukup tenang jauh dari keramaian kota. Sehingga sangat cocok pula buat Sobat Turisian yang mencari tempat healing atau refreshing untuk melepas kepenatan dari rutinitas. Jangan lupa juga untuk mengambil foto-foto cantik di sekitar pulau!

Biaya & Lokasi Wisata Sirtwo Island

Masuk ke pulau di Waduk Saguling ini masih gratis. Namun untuk bisa sampai di pulau ini, Sobat Turisian harus menyewa perahu yang pengelola sediakan di dermaga Waduk Saguling. Tarifnya sekitar Rp250.000 untuk 10 orang dengan fasilitas penunjang. Seperti guide yang akan menjelaskan dan menemani selama perjalanan wisata.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Kabupaten Bandung Sajikan View yang Instagenik

Objek wisata yang satu ini terletak di tengah perairan Waduk Saguling. Masuk dalam wilayah Kampung Suramanggala, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB).*

Pos terkait