Tamasya ke Pantai Suladamaha Ternate dengan Alam yang Memesona

Pantai Suladamaha
Pantai Suladamaha Ternate, Maluku Utara. (Foto: wonderfulimages.kemenparekraf)

TURISIAN.com – Kalau Sobat Turisian berencana liburan di pantai, bisa coba tamasya ke Pantai Suladamaha yang punya sajian alam memesona. Tempat ini merupakan destinasi wisata yang cukup terkenal di Ternate, Maluku Utara. Pamornya bukan hanya di dalam negeri, tapi turis asing pun sudah banyak yang mengunjunginya.

Di pantai ini Sobat Turisian bisa menikmati hamparan pasir pantai yang indah dan perairan biru kehijauan yang jernih. Dengan latar pemandangan alam yang hijau dari rindangnya pepohonan serta gagahnya Gunung Gamalama. Tambah lagi alam bawah lautnya yang memukau, ada sajian terumbu karang yang menakjubkan dan masih terjaga. Serta kehidupan lautnya yang beragam.

Saat tamasya ke Pantai Suladamaha, Sobat Turisian tak hanya melihat keindahan pantai. Namun dapat pula mencoba berbagai aktivitas wisata yang menyenangkan. Seperti berenang, snorkeling, menyelam, dan berjemur.

Tersedia juga beberapa kafe kecil dan penjual makanan yang terletak di pinggiran pantai, yang menyajikan makanan dan minuman lokal. Spot yang enak buat istirahat sambil mengisi perut sehabis mengeksplorasi area pantai.

Ada sajian beragam menu kuliner lokal khas Ternate yang wajib Sobat Turisian cicipi di sekitar Pantai Suladamaha. Beberapa hidangan yang populer, di antaranya ada hidangan ikan bakar, nasi kuning, dan sambal roa.

Tak sampai di situ, Sobat Turisian juga dapat naik perahu untuk menjelajahi pulau-pulau terdekat. Agar dapat merasakan lebih banyak keindahan alam di wilayah tersebut. Secara keseluruhan, pantai ini merupakan destinasi yang wajib kalian kunjungi saat ke Ternate dan mencari pengalaman pantai yang menenangkan.

Baca juga: Mengagumi Kemegahan Benteng Tolukko Ternate yang Dibangun Portugis 1540

Suasana Pantai Suladamaha pun semakin nyaman karena lingkungannya bersih dan aman. Selain itu, Sobat Turisian bakal merasakan keramahan masyarakat setempat dan siap membantu para wisatawan.

Liburan di Ternate juga bisa Sobat Turisian isi dengan kunjung ke objek wisata lainnya yang tak jauh dari pantai tersebut. Antara lain Benteng Tolukko, Museum Kerajaan Ternate, dan Gunung Gamalama.

Rute Menuju Pantai Suladamaha

Objek wisata bahari di Ternate ini, dapat Sobat Turisian tempuh melalui sejumlah rute. Jika berangkat dari Bandara Sultan Babullah, kalian bisa menggunakan taksi atau kendaraan pribadi/sewa. Jaraknya sekitar 20 km dan membutuhkan perjalanan kurang lebih 45 menit.

Rute berikutnya bisa Sobat Turisian akses dari Pelabuhan Bastiong. Kalian dapat menggunakan taksi atau kendaraan pribadi/sewa untuk menuju ke Pantai Suladamaha. Jaraknya sekitar 13 km dengan waktu tempuh lebih kurang 30 menit.

Selanjutnya, kalau Sobat Turisian berangkat dari pusat Kota Ternate, dapat menggunakan taksi atau kendaraan pribadi/sewa menuju ke pantai tersebut. Jaraknya sekira 15 km dengan durasi perjalanan sekitar 40 menit.

Baca juga: Punya Potensi Besar, Menparekraf Dukung Geowisata Batu Angus Ternate jadi Geopark Nasional

Untuk menjangkau Pantai Suladamaha, Sobat Turisian bakal melewati beberapa jalan kecil dan jalan setapak. Namun, rutenya mudah kalian ikuti dan dapat meminta panduan dari penduduk setempat jika memerlukan bantuan.*

Pos terkait