Menikmati Daya Tarik Pulau Baai Bengkulu dengan Panorama nan Indah

Pulau Baai
Panorama yang indah di Pulau Baai Bengkulu. (Source: Dispar Kota Bengkulu)

TURISIAN.com – Tak hanya Pantai Panjang, Kota Bengkulu juga punya Pulau Baai yang menarik buat Sobat Turisian kunjungi pas liburan nanti. Pulau kecil yang terletak di Selat Sunda, Bengkulu ini terkenal sebagai objek wisata alam yang menakjubkan dengan pemandangan pantai nan indah dan keanekaragaman hayati yang kaya.

Destinasi pulau ini juga mempunyai pantai berpasir putih dengan air laut yang jernih dan biru. Tempatnya asyik sekali, cocok untuk berenang, berjemur, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan pantai yang indah.

Sobat Turisian pecinta keindahan alam bawah laut, bisa mencoba snorkeling dan menyelam. Pulau Baai memiliki perairan yang kaya akan keanekaragaman hayati, seperti terumbu karang, ikan, dan biota laut lainnya.

Aktivitas olahraga lain, seperti hiking dan trekking bisa juga Sobat Turisian lakukan di sini. Ada banyak jalur hiking dan trekking yang dapat kalian jelajahi. Salah satunya jalur menuju puncak Bukit Tengkorak. Dari puncak bukit tersebut, kalian dapat menikmati pemandangan yang aduhai banget dari ketinggian.

Liburan di Pulau Baai bakal makin menyenangkan dan betah, sebab di sini terdapat banyak spot wisata menarik. Di antaranya Bukit Tengkorak, Mini Zoo, Pulau Jambu, dan Pantai Muara Kembang. Sobat Turisian dapat menyewa perahu atau speedboat untuk menjelajahi semua spot wisata tersebut.

Baca juga: Yuk Liburan Dulu ke Pantai Panjang Bengkulu!

Jangan lupa juga Sobat Turisian untuk mencicipi aneka kuliner lokal dengan cita rasa yang khas. Seperti ikan bakar, mie celor, dan kerupuk kemplang. Kalian bisa menikmati hidangan tersebut di warung-warung makan yang ada di sekitar pulau.

Fasilitas & Akses ke Pulau Baai

Walaupun pulau yang satu termasuk kecil, tetapi sudah ada beberapa fasilitas yang tersedia untuk mendukung kegiatan wisata dan kenyamanan wisatawan. Di sana ada beberapa cottage yang dapat Sobat Turisian sewa kalau mau menginap di pulau ini. Letaknya di dekat pantai dan di sekelilingnya tersaji view alam yang indah.

Tersedia pula fasilitas toilet dan kamar mandi umum di sepanjang garis pantai Pulau Baai. Lalu terdapat beberapa warung makan yang menyediakan makanan dan minuman. Menu makanan di sini biasanya terdiri dari makanan laut segar dan tradisional khas Bengkulu.

Selanjutnya area parkir yang luas untuk kendaraan pribadi atau bus wisata. Area parkir cukup mudah aksesnya dan aman. Terdapat juga masjid dan musala yang bisa Sobat Turisian beragama Islam untuk beribadah.

Sobat Turisian yang mau snorkeling di perairan Pulau Baai dan tidak bawa peralatan tak usah khawatir,  karena di sini tersedia fasilitas penyewaan alat snorkeling. Ada lagi wahana Taman Mini Zoo yang berisi beberapa jenis hewan, seperti burung, kura-kura, dan kadal.

Untuk menuju ke pulau di Kota Bengkulu yang satu ini, Sobat Turisian dapat menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Baai, Bengkulu. Dengan durasi perjalanan kurang lebih 30 menit.

Baca juga: Desa Wisata Rindu Hati Bengkulu yang Bisa Bikin Rindu untuk Kembali

Kalau Sobat Turisian datang dari luar Bengkulu, bisa terbang ke Bandara Fatmawati Soekarno di Kota Bengkulu. Kemudian meneruskan perjalanan dengan memakai moda taksi atau kendaraan pribadi/sewa menuju ke Pelabuhan Baai.*

 

Pos terkait