Berkunjung ke Desa Wisata Senaru Lombok, Pintu Masuk ke Gunung Rinjani

Desa Wisata Senaru
Desa Wisata Senaru Lombok NTB dengan arsitektur rumah-rumah khas Sasak. (Source: wonderfulimages.kemenparekraf)

TURISIAN.com – Buat Sobat Turisian yang pernah hiking ke Gunung Rinjani pasti tak asing lagi dengan Desa Wisata Senaru. Selain menjadi pintu masuk ke kawasan wisata gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, desa ini juga menjadi tujuan wisata yang menarik.

Desa wisata yang sudah tenar di kalangan para pendaki ini, terletak di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). Selain menjadi titik awal pendakian Gunung Rinjani, desa ini juga menawarkan atraksi lain seperti air terjun, pemandian air panas, dan desa tenun tradisional.

Sobat Turisian yang mencari ketenangan dan ingin relaksasi pikiran, menarik juga datang ke Desa Wisata Senaru ini. Karena tersaji pemandangan alam yang memesona dengan lanskap pegunungan yang menakjubkan dan kebun teh yang indah.  Sungguh memanjakan mata, Sob!

Di sini, Sobat Turisian bisa menemukan dan menikmati banyak destinasi wisata. Mulai dari wisata alamnya yang menawarkan kesegaran alami, ada Air Terjun Sendang Gile dan Air Terjun Tiu Kelep. Hingga wisata budayanya yang tak kalah menarik untuk kalian kenali.

Atraksi budaya yang tersaji di Desa Wisata Senaru merupakan budaya tradisional Suku Sasak. Hal tersebut tampak pada arsitektur rumah penduduk, adat istiadat, dan cara hidup masyarakat setempat.

Baca juga: Nikmati Sajian Paket “Mewah” bagi Goweser di Desa Tempos Lombok Barat

Berkunjung ke sini, Sobat Turisian bisa merasakan gaya hidup tradisional masyarakat Sasak. Kemudian mencicipi masakan lokal, serta belajar tentang sejarah dan budaya daerah tersebut.

Daya Tarik Wisata Desa Senaru

Ada banyak daya tarik wisata yang menarik untuk Sobat Turisian sambangi ketika berkunjung ke sini. Di antaranya Gunung Rinjani, yang tentu saja sebagai magnet utama desa wisata di NTB yang satu ini.

Berikutnya, Sobat Turisian bisa berkunjung ke Air Terjun Sendang Gile. Salah satu air terjun yang paling terkenal di Lombok. Lokasinya hanya sekitar 30 menit dari Desa Wisata Senaru dan dapat kalian capai dengan berjalan kaki melalui hutan yang hijau dan segar.

Masih ada lagi Air Terjun Tiu Kelep yang menarik Sobat Turisian datangi saat berkunjung ke desa wisata Lombok tersebut. Air terjun ini pun sangat cantik dan indah. Untuk menjangkaunya, kalian harus melewati jalan setapak yang menantang dan menyusuri sungai.

Daya tarik yang tak kalah menarik yakni mengenal dan mempelajari cara hidup masyarakat setempat. Tempat yang ideal untuk Sobat Turisian kunjungi, yaitu Desa Anyar. Sebuah desa kecil yang terletak di dekat Desa Wisata Senaru.

Baca juga: 5 Tempat Yoga di Lombok Buat Tenangkan Jiwa dan Pikiranmu!

Semua daya tarik ini membuat desa ini pun menjadi tempat yang ideal untuk Sobat Turisian jadikan tujuan liburan. Terutama bagi kalian yang mencari petualangan, keindahan alam, dan pengalaman budaya yang autentik di Lombok.*

Pos terkait