Petualangan ke Puncak Suroloyo Kulon Progo dengan View yang Menakjubkan

Puncak Suroloyo
Puncak Suroloyo Kulon Progo, DIY. (Source: Dispar Kulon Progo)

TURISIAN.com – Buat Sobat Turisian yang senang berpetualang di alam bebas, mesti coba ke Kabupaten Kulon Progo di Yogyakarta. Pasalnya di sana banyak objek wisata alam yang menarik untuk kalian kunjungi. Salah satunya Puncak Suroloyo, yang merupakan titik tertinggi Perbukitan Menoreh.

Objek wisata tersebut berada di wilayah Kulon Progo bagian utara yang berada di kawasan Perbukitan Menoreh yang menyimpan banyak potensi wisata alam. Perbukitan Menoreh sendiri membentang di wilayah Kabupaten Kulon Progo, Magelang, dan Purworejo.

Puncak Suroloyo sebagai titik tertinggi perbukitan ini, memiliki ketinggian kurang lebih 1.091 mdpl. Dari atas puncak tersebut, Sobat Turisian bisa menyaksikan pemandangan empat gunung sekaligus, yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, dan Sumbing. Karena itu tidak heran kalau tempat ini menjadi destinasi favorit para wisatawan.

Petualangan ke puncak ini semakin seru karena Sobat Turisian bisa menjajal tiga gardu pandang untuk menikmati bentang alam Perbukitan Menoreh. Namun saratnya, kalian harus menaiki ratusan anak tangga sebelum akhirnya bisa sampai di puncak. Akan tetapi rasa lelah selama perjalanan akan langsung terbayarkan dengan pemandangan yang menakjubkan dan membuat hati berdecak kagum.

Baca juga: Sungai Mudal Kulon Progo Sajikan Air Alami yang Segar dan Panorama Menawan

Untuk berkunjung ke Puncak Suroloyo ada pilihan waktu yang terbaik dan rekomended, yaitu pada musim kemarau. Sebab di waktu-waktu inilah Sobat Turisian bisa menyaksikan indahnya pemandangan matahari terbit dan terbenam tanpa terhalang kabut maupun awan. Bahkan kalau cuaca sangat cerah, akan terlihat pesona Borobudur yang terlihat kecil di antara lembah-lembah dan empat gunung.

Pesona Durian Menoreh di Suroloyo Kulon Progo

Di luar view alam yang menakjubkan, musim durian juga menjadi alasan wisatawan berbondong-bondong datang ke Suroloyo. Durian Menoreh memiliki aroma yang memikat dan daging yang tebal dan legit.

Bahkan setiap tahun, di sekitar Puncak Suroloyo rutin berlangsung Festival Durian yang khusus bagi pecinta buah berduri ini. Tak hanya bisa mencicipi durian varietas unggulan, Sobat Turisian juga bisa langsung membeli bibit durian yang sudah mendapat sertifikasi dari Dinas Pertanian setempat.

Rute Menuju Puncak Suroloyo Yogyakarta

Bagi Sobat Turisian yang tertarik berpetualang ke puncak ini bisa mengikuti rute yang cukup mudah. Namun kondisi jalan yang terjal dan berliku membuat pengendaran harus berhati-hati. Sarannya, memakai kendaraan dalam kondisi fit untuk melewati tanjakan curam.

Baca juga: Pule Payung Kulon Progo, Daya Tarik, Fasilitas, dan Harga Tiket Terbaru

Rute perjalanannya bisa Sobat Turisian mulai dari Jalan Godean menuju Kulon Progo. Sampai di perempatan Nanggulan ambil kanan menuju arah Kalibawang. Kemudian kira-kira sekitar 15 kilometer, tampak di sisi kiri jalan sudah ada papan pentujuk untuk menuju ke arah Puncak Suroloyo. Kalian tinggal mengikutinya hingga tiba di lokasi.*

Pos terkait