Pule Payung Kulon Progo, Daya Tarik, Fasilitas, dan Harga Tiket Terbaru

Pule Payung
Pule Payung Kulon Progo, DIY. (Turisian/Iwan)

TURISIAN.com – Pule Payung merupakan salah satu objek wisata kekinian di Kulon Progo dan menjadi salah satu wisata unggulan Yogyakarta. Lokasinya di Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap. Berada di ketinggian sekitar 450 mdpl, membuat tempat ini memiliki panorama alam yang indah memesona dengan udara dingin.

Tempat wisata ini menyajikan beragam wahana menantang dan spot-spot selfie yang instagrammable. Cocok banget buat Sobat Turisian pecinta wisata selfie. Hebatnya lagi, pengelolaan Pule Payung oleh kelompok masyarakat sekitar.

Menurut Kamto, ketua pengelola, objek wisata ini mulai hadir pada tahun 2016. Dulunya tempat ini merupakan lahan milik warga yang banyak tumbuh Pohon Pule. Makanya nama objek wisata ini Pule Payung.

“Hingga kini lahan ini gabungan dari tanah milik warga sekitar yang kita kelola dengan cara bagi hasil. Pada awalnya hanya menyediakan spot wisata selfie sebagai alternatif wisata dari Kalibiru yang lebih dulu terkenal sebagai objek wisata alam dekat sini,” tutur Kamto saat bertemu Turisian.com di lokasi, Jumat (23/9/22).

Pule Payung
Fasilitas Gazebo buat santai-santai di Pule Payung. (Turisian/Iwan)

Setelah ramai, kata Kamto, Pule Payung menambah lagi berbagai wahana dan menyediakan kafe Kopi Angkasa. Kopi ini sempat viral dan ramai pengunjung sebelum pandemi terjadi.

Baca juga: Sungai Mudal Kulon Progo Sajikan Air Alami yang Segar dan Panorama Menawan

Berkat prestasi itulah, destinasi wisata Yogyakarta ini berhasil mewakili Kulon Progo dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) dari Kemenparekraf RI. Hingga berhasil meraih juara 1 dalam kategori Destinasi Wisata Baru Terpopuler.

Daya Tarik Wisata Pule Payung Kulon Progo

Objek wisata Kulon Progo ini menyuguhkan pesona Perbukitan Menoreh yang hijau dan indahnya pemandangan Waduk Sermo yang tampak dari ketinggian. Selain menawarkan keindahan alamnya, tempat ini menyajikan berbagai wahana permainan sekaligu spot foto kece untuk Sobat Turisian nikmati.

Ada sekitar 8 spot wahana dan foto ciamik yang instagenik di sini. Di antaranya Spot Angkasa, Spot Lolipop, Spot Wolu, Spot Jembatan Surga, Flying Fox, Spot Sepeda Langit, Ayunan Langit, dan Kursi Langit.

Pule Payung
View Waduk Sermo dari Spot Kopi Angkasa Pule Payung. (Turisian/Iwan)

Spot favorit pengunjung, yaitu Skybike atau bersepeda di langit dan Spot Angkasa yang bisa menikmati pemandangan sambil menyeruput kopi. Di sini tersedia kopi pilihan Arabica dan Robusta, serta aneka makanan yang lezat.

Fasilitas & Harga Tiket Pule Payung Yogyakarta

Tak hanya menyediakan wahana dan spot-spot foto, tempat wisata Kulon Progo ini juga telah lengkap dengan fasilitas penunjang. Mulai dari area parkir yang luas dan aman, toilet yang bersih, dan musala yang nyaman.

Bagi Sobat Turisian yang ingin lapar dan haus setelah berkeliling area wisata ini, langsung saja ke warung-warung kuliner yang tersedia di sana. Dengan sajian berbagai jenis menu, mulai dari yang ringan hingga berat. Tak usah khawatir, harga ragam makanan dan minuman di sini masih ramah di kantong.

Dermaga Spot Foto
Salah satu dermaga spot foto di Pule Payung. (Turisian/Iwan)

Tersedia pula gazebo atau pendopo yang bisa menjadi pilihan Sobat Turisian untuk santai sejenak di destinasi wisata Kulon Progo tersebut. Kemudian buat Sobat Turisian yang berminat bermalam di Pule Payung bisa sewa penginapan dengan harga berkisar Rp100 ribu sampai Rp120 ribu per malam.

Baca juga: Menikmati Pesona Keindahan Air Terjun Kembang Soka Kulon Progo

“Untuk harga tiket masuk objek wisata Pule Payung ini sangat terjangkau. Wisatawan cukup membayar tiket sebesar Rp20 ribu sudah termasuk biaya masuk dan bisa menikmati semua wahana yang ada. Harga ini kami terapkan pasca pandemi ini,” pungkas Kamto.*

 

Pos terkait