Menikmati Pesona Keindahan Air Terjun Kembang Soka Kulon Progo

Air Terjun Kembang Soka
Air Terjun Kembang Soka yang memesona dengan air kolam berwarna biru. (source: Dinpar Kulon Progo)

TURISIAN.com – Objek wisata di DI Yogyakarta memang tak ada habisnya, hingga berlibur ke daerah ini tak pernah ada bosannya. Di Kabupaten Kulon Progo saja begitu banyak destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Seperti Air Terjun Kembang Soka yang indah hingga terkenal sebagai surga tersembunyi.

Air terjun tersebut terletak di Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Berada di lembah sungai hamparan perbukitan Menoreh. Suasananya cukup asri dan berhawa sejuk, hingga akan membuat Sobat Turisian betah berlama-lama di tempat ini.

Nama air terjun ini lahir dari sebutan masyarakat sekitar. Karena dulunya di kawasan tersebut banyak tumbuh Pohon Soka.

Nah, Sobat Turisian yang tertarik menikmati pesona air terjun ini harus terlebih dahulu berjalan kaki sejauh kurang lebih 200 meter dari parkiran. Setelah dekat dengan air terjun, terus berjalan ke arah dasar lembah.

Baca juga: Menikmati Senja di Waduk Sermo Perbukitan Menoreh Kulon Progo 

Jalannya berupa jembatan kayu yang melintasi tepat di depan air terjun, membuatnya tampak unik dan cantik. Di titik jembatan kayu itu, Sobat Turisian bisa menikmati pesona air terjun yang mengalir ke sebuah kolam besar di bawahnya. Pas juga nih buat spot foto instagenik Sobat Turisian.

Setibanya di akhir jembatan kayu, akan tersaji kolam dengan air berwarna biru yang cukup besar berasal dari dua aliran air terjun. Istimewanya lagi, air terjun itu tidak pernah surut meski di musim kemarau karena ada tiga sumber mata air di sekitarnya.

Back to Nature di Air Terjun Kembang Soka

Pengelolaan destinasi wisata alam Kembang Soka ini mengusung konsep back to nature. Hal ini terlihat pada kolam dan jembatan yang terbuat dari material kayu. Hingga suasana di sini pun terjaga kelestariannya.

Sejumlah bangunan pun ada yang menggunakan konstruksi beton, namun tidak mengurangi pesona keindahan alamnya. Konsep back to nature diharapkan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin menghilangkan kepenatan dari rutinitas sehari-hari.

Baca juga: Berburu Spot Selfie yang Instagrammable di Wisata Kalibiru Yogyakarta

Selain itu, tempat wisata Kulon Progo tersebut sudah lengkap dengan fasilitas pendukung. Seperti warung makan, musala, area parkir, toilet, dan lainnya.*

 

 

Pos terkait