Berburu Spot Selfie yang Instagrammable di Wisata Kalibiru Yogyakarta

Wisata Kalibiru
Menara Pandang Wisata Kalibiru. (Source: Dispar Kab. Kulon Progo)

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian yang hobi wisata selfie, Kulon Progo di Yogyakarta punya tempat wisata yang asyik buat berburu spot foto selfie yang instagrammable. Tempatnya di Desa Wisata Kalibiru, yang merupakan harmonisasi antara hijaunya hutan dengan hamparan berbukit luas dan pemandangan indah.

Desa Wisata Kalibiru terkenal dengan sajian lanskap hamparan hijau pegunungan dan Waduk Sermo. Letaknya juga berada di dataran tinggi Perbukitan Menoreh yang memang memiliki kondisi alam masih sangat asri memesona dan berhawa sejuk.

Ketinggian wilayah ini sekitar 450 mdpl sehingga saat cuaca sedang cerah, Sobat Turisian bisa melihat pemandangan Gunung Merapi, Waduk Sermo, dan Jajaran Pantai Selatan. Dengan udaranya yang masih bersih dan sejuk, membuat siapa pun yang datang akan nyaman dan betah berlama-lama.

Hal ini juga menjadi nilai lebih bagi Sobat Turisian yang ingin healing dan melepas penat dari kesibukan sehari-hari.

Aktivitas & Fasilitas Wisata Kalibiru

Wisata Kalibiru juga memfasilitasi wisatawan dengan sejumlah spot-spot foto instagenik dan fotogenik. Salah satunya ada menara pandang dan gardu pandang yang berfungsi sebagai tempat untuk melihat pemandangan sekitar.

Namun menara pandang dan gardu pandang yang berbentuk rumah pohon ini, menjadi spot foto favorit para pengunjung. Karena latarnya sangat menakjubkan dan  menghasikan foto yang keren.

Baca juga: Menikmati Senja di Waduk Sermo Perbukitan Menoreh Kulon Progo

Tak hanya pesona kendahan alamnya yang bisa Sobat Turisian nikmati di objek wisata Kulon Progo tersebut, Desa Wisata Kalibiru juga kini telah menyediakan beberapa pilihan aktivitas wisata yang menarik. Di sini, Sobat Turisian bisa mencoba flying fox, outbond, dan jalur tracking.

Fasilitas dan akomodasi yang ada di destinasi wisata ini pun sudah cukup memadai. Ada area parkir, musala, toilet, gardu pandang, pendopo/joglo untuk pertemuan, tempat makan dari makanan berat dan ringan, hingga perpustakaan.

Jika Sobat Turisian tertarik untuk bermalam, tersedia pilihan penginapan berupa 6 homestay dengan kapasitas 10 – 15 orang. Tempat wisata Kalibiru ini pun menyediakan fasilitas free wifi area. Wah keren, Sobat Turisian jadi bisa live IG untuk mengabarkan suasana liburan. Atau upload foto-foto instagenik hasil berburu di kawasan tersebut di akun medsos.

Lokasi & Asal-Usul Wisata Kalibiru

Lokasi destinasi wisata Kalibiru berada di Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Dengan jarak kurang lebih 40 km dari pusat kota Kulon Progo. Pada dasarnya kawasan ini merupakan hutan lindung yang dulunya marak terjadi pembalakan liar. Hutan pun menjadi tandus dan gersang.

Baca juga: Bukit Jangkang Yogyakarta Sajikan Sunset Terbaik di Perbukitan Menoreh

Melihat kondisi hutan yang memprihatinkan tersebut, akhirnya masyarakat sekitar berinisiatif untuk membuat hutan tersebut hidup kembali. Barulah pada tahun 2008, masyarakat resmi mengelola hutan di Kalibiru menjadi tempat wisata Kulon Progo yang menarik. Setelah adanya Izin Pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan.*

Pos terkait