Bukit Jangkang Yogyakarta Sajikan Sunset Terbaik di Perbukitan Menoreh

Bukit Jangkang
Gardu Pandang, spot menikmati sunset di Bukit Jangkang Kulon Progo. (source: visitingjogja)

TURISIAN.com – Menikmati langit jingga nan eksotis saat sore hari menjadi incaran para pecinta sunset dan anak senja. Beruntung Indonesia memiliki banyak dataran tinggi yang menjadi spot terbaik menikmati sunset maupun sunrise. Salah satu spot sunset terbaik, ada Bukit Jangkang di Yogyakarta.

Bukit Jangkang merupakan salah satu puncak di deretan perbukitan Menoreh yang ada di sekeliling Waduk Sermo. Objek wisata di sebelah utara waduk tersebut, masuk wilayah Dusun Sermo Lor, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Selain menikmati sunset, di bukit ini Sobat Turisian bisa memanjakan mata dengan keindahan panorama alam sekitarnya. Pesona cantik Waduk Sermo juga akan tampak secara berbeda karena dilihat dari ketinggian.

Nama Bukit Jangkang berasal dari adanya pohon jangkang di lokasi bukit tersebut. Beberapa pohon tersebut tumbuh di puncak bukit, namun kini telah ditebang dan dibangun Gardu Pandang. Sebuah spot menarik untuk menikmati pemandangan, sekaligus menjadi spot foto yang instagrammable.

Pesona Keindahan Bukit Jangkang

Tempat wisata Bukit Jangkang ini berlatar perbukitan Menoreh dan Waduk Sermo di tengah-tengahnya. Pesona keindahannya akan semakin memesona jika Sobat Turisian datang saat pagi atau sore hari.

Di pagi hari, Sobat Turisian bisa merasakan kesejukan udara dan menyaksikan hamparan pepohonan perbukitan Menoreh berselimut kabut tipis. Waduk Sermo juga akan terlihat anggun dan indah saat pagi hari.

Baca juga: Menikmati Senja di Waduk Sermo Perbukitan Menoreh Kulon Progo

Berlanjut ke sore hari, nuansa senja yang eksotis nan romantis akan menyapa Sobat Turisian. Warna jingga kemerah-merahan akan menghiasi cakrawala Menoreh. Begitu pun pesona Waduk Sermo kian menawan dengan pantulan cahaya sang surya tenggelam.

Spot Foto & Fasilitas Bukit Jangkang

Objek alam di Kulon Progo ini pun menjadi salah satu spot favorit pasangan muda untuk photo session atau prewedding. Hasilnya sangat cantik dengan latar pemandangan indah menjadi saksi kisah cinta mereka.

Gardu pandang yang tadi di puncak bukit menjadi salah satu lokasi pre weding dengan hasil terbaik. Spot ini juga sangat cocok untuk menambah koleksi media sosial Sobat Turisian. Foto ciamik dengan latar waduk dan perbukitan menakjubkan.

Fasilitas penunjang wisata di Bukit Jangkang sudah cukup memadai. Sobat Turisian bisa memanfaatkan fasilitas umum. Seperti mushola, kamar mandi, dan tempat istirahat. Di sini terdapat juga beberapa warung kecil yang menawarkan makanan ringan, serta jajanan khas Kulon Progo. Ada pula fasilitas yang cukup unik dan menarik yaitu jasa foto.

Harga Tiket Bukit Jangkang

Berkunjung ke bukit ini, Sobat Turisian akan dikenakan biaya retribusi sekitar Rp.3000 per orang. Sedangaan tiket parkir berkisar antara Rp.2.000 sampai Rp.5000 tergantung jenis kendaraan.

Baca juga: Watu Tapak Camp Hill, Tempat Terbaik Menikmati Lanskap Jogja

Menuju tempat wisata alam Yogyakarta tersebut, sebaiknya Sobat Turisian menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor. Sebab akses jalannya tergolong sempit.

Dengan motor, kalian bisa berkelilingi wisata Kulon Progo lebih leluasa. Jika tak membawanya, banyak penyewaan roda dua di sekitar Kota Jogja.*

 

Pos terkait