Sungai Mudal Kulon Progo Sajikan Air Alami yang Segar dan Panorama Menawan

Sungai Mudal
Kolam paling bawah di objek wisata Sungai Mudal Kulon Progo, DIY. (Turisian/Iwan)

TURISIAN.com – Saat Sobat Turisian liburan nanti ke Yogyakarta coba arahkan perjalanan ke Sungai Mudal di Kabupaten Kulon Progo. Di tempat ini kalian bisa menikmati aliran air sungai yang menyegarkan dengan kolam berair biru nan cantik menawan.

Objek wisata Yogyakarta yang satu ini sangat cocok banget buat Sobat Turisian yang suka dengan suasana dataran tinggi yang memberikan suasana yang sejuk dan asri. Lokasinya berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Kulon Progo Girimulyo.

Menariknya lagi masuk ke tempat ini Sobat Turisian hanya cukup banyar biaya masuk sebesar Rp10 ribu per orang. Dengan harga tersebut, kalian sudah bisa puas mengeksplorasi kawasan wisata ini.

Begitu masuk area wisata Sungai Mudal, Sobat Turisian akan langsung merasakan udara yang segar menyejukkan. Dari tempat parkir hanya berjalan kaki beberapa meter, sudah langsung tampak kolam berwarna biru dengan air terjun dari tebing batu kapur.

Kolam di Sungai Mudal Kulon Progo

Menurut pemandu dari Dispar DIY, Ari saat mendampingi Turisian.com ke lokasi, Jumat (23/9/22), di sini terdapat tiga kolam dengan tingkat ketinggian dan kedalaman air yang berbeda-beda. Untuk yang paling bawah, kedalamannya mencapai 2 meter dengan air berwarna biru dan terdapat air terjun mini di tebing batu kapur.

Kolam pertama berada di paling atas, tempat sumber air berada. Lalu ada kolam kedua di bawahnya. Kedua kolam tersebut memiliki kedalaman yang lebih dangkal sehingga cocok buat anak-anak. untuk menuju kedua kolam itu, Sobat Turisian harus meniti anak tangga terlebih dahulu yang tertata cukup rapi. Memang perlu fisik yang prima karena medannya cukup terjal.

Sungai Mudal
Jembatan Cinta di objek wisata Sungai Mudal. (Turisian/Iwan)

Di tengah jalur tangga, tepatnya di atas kolam pertama, terdapat spot jembatan cinta yang terbuat dari bambu, hasil karya warga sekitar yang mengelola kawasan ini. Sobat Turisian bisa foto-foto cantik dan instagenic dengan latar aliran Sungai Mudal di jembatan tersebut.

Baca juga: Wah Seru! Keliling Desa dengan Sepeda Onthel di Towil Fiets Kulon Progo

Di tiga kolam ini, Sobat Turisian bisa berenang atau berendam menikmati kesegaran air alami ini. Bagi yang kurang piawai berenang, tersedia rompi dan ban pelampung dari pengelola.

Nama Mudal sendiri lahir karena sumber airnya memancar sepanjang tahun, meskipun di musim kemarau sekalipun. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan warga sekitar akan air bersih melalui pipa.

Air yang jernih juga meluap membentuk sungai, melewati air terjun dengan nama yang mirip. Kemudian berlanjut ke air terjun bawah Kembang Soka dan air terjun Kedung Pedut yang juga menarik buat Sobat Turisian kunjungi.

Fasilitas Wisata di Sungai Mudal Kulon Progo
Sungai Mudal
Air terjun dengan jalur tangga bambu di kiri. (Turisian/Iwan)

Selain kolam renang dan jembatan bambu artistik, objek wisata Sungai Mudal ini pun sudah lengkap dengan fasilitas penunjang. Di sisi lain kolam yang lebih luas tampak banyak paviliun beratap lontar.

Sebagian tempat tersebut menjadi warung-warung yang menyediakan beragam makanan. Pas buat tempat istirahat dan mengisi perut yang lapar selepas berenang.

Di sisi ini kalian juga bisa melihat bumi perkemahan dengan latar belakang tebing bebatuan Gunung Kyril. Fasilitas penunjang lainnya, terdapat area parkir yang luas, toilet yang bersih, dan musala.

Baca juga: Menyusuri Hamparan Hijau Hutan Mangrove Kulon Progo yang Memukau

Sama halnya dengan objek wisata Kedung Pedut dan Grojogan Sewu, rute ke Sungai Mudal cukup mudah Sobat Turisian tempuh dari Yogyakarta ke arah barat. Melalui Jalan Godean kemudian ke arah Kulon Progo kurang lebih 50km.*

Pos terkait