Menyusuri Hamparan Hijau Hutan Mangrove Kulon Progo yang Memukau

Hutan Mangrove Kulon Progo
Hutan Mangrove Kulon Progo DIY yang eksotik. (Source: Dispar Kulon Progo)

TURISIAN.com – Kalau bosan dengan objek wisata candi saat liburan ke Yogyakarta, tak ada salahnya Sobat Turisian mencoba mengunjungi Hutan Mangrove Kulon Progo. Lokasinya tak jauh dari Pantai Congot, tepatnya di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Keberadaan wisata mangrove ini, berawal dari aksi yang bertujuan untuk mencegah terjadinya abrasi. Sehingga ada pembuatan kawasan konservasi tanaman bakau (mangrove) oleh sekelompok masyarakat setempat.

Hebatnya lagi, tempat ini menjadi kawasan konservasi tanaman bakau pertama yang ada di Yogyakarta.  Kini hutan bakau tersebut menjadi salah satu tempat wisata Kulon Progo yang cukup banyak peminatnya.

Destinasi wisata yang menyuguhkan wisata alternatif dan edukatif ini, mempunyai luas area sekitar 3 hektare lebih. Di sini Sobat Turisian dapat menikmati hamparan hutan bakau di pesisir pantai dan aliran Sungai Bogowonto.

Baca juga: Menikmati Senja di Waduk Sermo Perbukitan Menoreh Kulon Progo

Objek wisata Hutan Mangrove Kulon Progo ini pun terbagi menjadi tiga kawasan wisata. Yaitu wisata Mangrove Pasir Mendhit (paling barat), lalu wisata Mangrove Jembatan Api Api (tengah), dan wisata Mangrove Pantai Kadilangu (paling timur).

Di tempat ini Sobat Turisian bisa memanjakan mata dengan pemandangan hijaunya hutan bakau dan indahnya pesisir pantai, Hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri dari objek wisata satu ini.

Spot Foto di Hutan Mangrove Kulon Progo

Selain itu, di tempat wisata ini terdapat berbagai macam spot foto yang unik dan instagenic. Dengan berlatarkan hutan mangrove dan lanskap pantai. Sobat Turisian pecinta selfie, pasti senang banget berada di sini.

Ada beberapa spot foto yang wajib Sobat Turisian nikmati di tempat wisata Kulon Progo ini. Di antaranya ayunan, gazebo, jembatan Api Api, jalan bambu di antara pohon pohon bakau, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Gunung Kuniran Kulon Progo, Tempat Terbaik Menikmati Pesona Sunset

Semua keindahan di Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo ini, dapat Sobat Turisian nikmati sepuasnya setelah masuk kawasan dan membayar tiket masuk. Tapi tak usah khawatir, harga tiket masuknya pun sangat terjangkau.*

 

Pos terkait