5 Tempat Wisata Seru Wajib Disinggahi saat Melancong ke Surabaya

Melancong ke Surabaya
Perahu nelayan di Pantai Kenjeran Surabaya ini sering menjadi transportasi wisatawan mengunjungi Ekowisata Mangrove. (Pixabay.com)

TURISIAN.com – Melancong ke Surabaya, siapa tak ingin perg ke kota ini. Kota metropolitan yang menjadi ibukota dari propinsi Jawa Timur.

Sebagai kota modern, Surabaya tak lepas dari pertumbuhan pusat-pusat perbelanjaan (mall) yang masif. Namun, di Surabaya tidak hanya ada mall, lho, banyak tempat-tempat menarik yang bisa dijadikan destinasi wisata.

Mau tau tempat wisata seru di Surabaya? Yuk, simak penuturan berikut sebelum kalian memutuskan melancong ke Surabaya.

1. Suroboyo Carnival Park

Kita mulai destinasi pertama dari selatan Surabaya. Suroboyo Carnival Park merupakan taman hiburan keluarga terbesar dan terbaru yang dibuka pada malam hari.

Suroboyo Carnival Park memiliki lebih dari 50 wahana permainan yang seru.

Sebut saja Ferrish Wheel (Gondola), Bledek Coaster, Blueshake, Cinema 4 Dimensi, Lampion KBS dan sebagainya.

BACA JUGA: Rekreasi Sambil Edukasi di Museum Pendidikan Surabaya

Tak hanya wahana permainan yang menyuguhkan suasana berbeda. Mata kita juga akan dimanjakan dengan jutaan lampu yang ada di area sekitar Suroboyo carnival Park.

Suroboyo Carnival Park terletak di Jl. Ahmad Yani 333 Surabaya. Tempat ini buka setiap hari, lho. Kamu bisa datang mulai pukul 17.00-23.00 WIB. Harga tiket masuknya Rp60.000,00, bila weekend tiketnya menjadi Rp80.000.

2. Kids Play Science & Water Surabaya

Kids Play Science & Water Park Surabaya adalah sebuah wahana permainan edukatif bagi anak-anak, mulai dari usia 3 hingga 10 tahun. Harga tiket masuknya juga terjangkau, yakni Rp30.000,00 untuk anak-anak, dan Rp 40.000,00 untuk pendamping.

Wahana ini terletak di lokasi yang sama dengan Suroboyo Carnival Park. Kids Play Science & Water Park Surabaya terdiri dari tiga belas wahana pembelajaran anak yang dikemas secara menarik, edukatif, dan interaktif.

BACA JUGA: Candi Tikus Trowulan, Alternatif Tujuan Wisata di Mojokerto Jawa Timur

3. Mangrove Wonerejo

Mau menikmati wisata alam di kota metropolitan? Bisa. Datang saja ke Mangrove Wonorejo. Ekowisata Mangrove Wonorejo berada  Jl. Raya Wonorejo No. 1, Rungkut, Surabaya.

Mangrove Wonerejo yang memiliki luas kurang lebih 200 hektar ini semakin rimbun. Dan menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi 30 spesies binatang yang mendapat perlindungan.

Salah satunya adalah kera ekor panjang. Hutan mangrove ini juga kerap menjadi tempat persinggahan sejumlah burung pantai.

Untuk masuk ke kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo kamu cukup bayar tiket masuk sebesar Rp25.000,00 untuk dewasa dan Rp15.000,00 untuk anak-anak.

Harga tiket ini sudah termasuk ongkos kapal dan perahu yang mengantar kita menuju ke hutan.

Sejumlah kapal dan perahu telah tersedia, mulai dari Kapal Jaya Samudra yang berkapasitas 50-60 orang.

Kemudian, perahu berkapasitas 35 dan 40 orang dewasa, dan speedboat yang berkapasitas 6 orang.

Jika ingin menggunakan speedboat maka kita harus merogok kocek untuk tiket masuk sebesar Rp300.000,00, satu kali perjalanan.

BACA JUGA: Kebun Binatang Surabaya Kedatangan Satwa Komodo, Bertambah Jadi 134 Ekor

4. Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya (KBS) adalah salah satu kebun binatang yang populer. KBS merupakan kebun binatang yang pernah terlengkap se-Asia Tenggara.

Di dalamnya terdapat lebih dari 351 spesies satwa yang berbeda yang terdiri lebih dari 2.806 binatang.

Termasuk dalamnya satwa langka Indonesia maupun dunia terdiri dari Mamalia, Aves, Reptilia, dan Pisces. KBS atau yang biasa dengan sebutan bonbin ini usianya lebih dari satu abad, lho.

Bonbin pertama kali didirikan pada 31 Agustus 1916. Wisata ini terletak di Jalan Darmo. Kebun Binatang Surabaya setiap hari buka pukul 08.00 AM – 17.00 PM, dengan biaya masuk sekitar Rp10.000 per orang.

5. Taman Bungkul

Surabaya memiliki banyak taman kota. Salah satu taman yang terkenal di Surabaya adalah Taman Bungkul yang diresmikan pada 21 Maret 2007.

Taman ini memiliki banyak sarana penunjang. Seperti,skateboard track dan BMX track, jogging track, plaza (panggung untuk live performance berbagai jenis entertainment).

Ada juga, zona akses Wi-Fi gratis, telepon umum, area green park dengan kolam air mancur, taman bermain anak-anak hingga pujasera.

Masuk taman ini gratis, kok. Cukup siapkan uang buat parkir atau uang buat membeli jajanan saja.

Oh, ya, taman ini meraih penghargaan The 2013 Asian Townscape Award dari Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai taman terbaik se-Asia pada tahun 2013.

Wah, hebat bukan, Sobat Turisian. Kapan mau melancong ke Surabaya ? ***

Pos terkait