Rekreasi Sambil Edukasi di Museum Pendidikan Surabaya

Museum Pendidikan Surabaya
Museum Pendidikan Surabaya. (Disbudporapar Surabaya)

TURISIAN.com – Museum Pendidikan Surabaya merupakan museum tematik sebagai langkah pelestarian sejarah dan budaya bangsa Indonesia. Tujuannya buat mendukung kegiatan edukasi, riset, sambil rekreasi di Kota Surabaya, Jawa Timur. Sobat Turisian mesti mampir ke sini kalau liburan di Surabaya!

Destinasi Museum Pendidikan Surabaya masih terbilang baru. Peresmiannya oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pada 25 November 2019. Lokasinya di Jalan Genteng Kali No. 10 Surabaya, menempati area eks Sekolah Taman siswa.

Di dalam museum ini, terdapat koleksi bukti materiil dunia pendidikan Indonesia dari masa ke masa. Antara lain pada masa Pra-Aksara, Masa Klasik, Masa Kolonial, dan Masa Kemerdekaan. Koleksi tersebut tersimpan dan dipamerkan dalam sejumlah zona sesuai masanya.

1. Zona Masa Pra-Aksara Museum Pendidikan Surabaya

Di zona ini, Sobat Turisian bisa melihat koleksi yang berhubungan dengan pendidikan di masa lampau. Di dalam zona ini terdapat koleksi Manuskrip Kuno era 1800-an.

Baca juga: Yuk Nikmati Malam nan Romantis di Surabaya Lewat Wisata Perahu Kalimas!

Menariknya lagi, ada koleksi Manuskrip berbahan dasar Lontar dan Diorama Pra Aksara (Manusia Purba). Sobat Turisian bisa menambah wawasan tentang sejarah dan budaya dari masa lampau.

2. Zona Kerajaan Museum Pendidikan Surabaya

Berikutnya ada Zona Kerajaan, di mana pengaruh dan corak dari luar Nusantara yang berasimilasi dengan elemen lokal. Sehingga membuat pendidikan di era ini, menjadi sangat dinamis dan menarik daripada sebelumnya. Berbagai ajaran agama dan pengetahuan yang tersebar inipun memiliki jenis aksaranya masing-masing.

3. Zona Kolonial di Museum Pendidikan Surabaya

Zona ini menceritakan tentang Pendidikan era Kolonial Belanda dan Jepang. Koleksi terkait Zona Kolonial ini meliputi sepeda guru. Sepeda Zundapp untuk pendampingan orang tua mengantar siswa berangkat sekolah dan lainnya.

4. Zona Kemerdekaan 

Pada Zona Kemerdekaan di museum ini menampilkan koleksi-koleksi terkait benda bukti materiil peradaban. Dari periodisasi tahun 1945 hingga 1990-an.

Baca juga: 14 Wisata Kuliner Surabaya Terpopuler yang Enak dan Murah, Bikin Ketagihan

Objek wisata edukasi ini berlokasi di Jalan Genteng Kali No. 10, Kota Surabaya, Jawa Timur. Buka dari Selasa – Minggu (Senin Libur),  mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB. Sobat Turisian bisa masuk ke museum ini secara gratis.*

 

Pos terkait