Inilah 4 Tempat Santai Asyik di Tepian Danau Singkarak, Masih Terus Menebar Pesona

Danau Singkarak
Keindahan Danau Singkarak masih menjadi salah satu daya tarik wisatawan. (Instagram/@kasman_ilyas's profile picture kasman_ilyas)

TURISIAN.com – Tahukan kamu tentang Danau Singkarak? Danau ini terletak di Provinsi Sumatera Barat.

Terbentang diantara dua kabupaten yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Danau Singkarak, sampai sekarang masih mempunyai pesona bagi orang-orang yang mengunjunginya.

Danau Singkarak terletak di tepian jalan Lintas Sumatera. Jika kamu dari kota Solok ke Bukit Tinggi atau dari bukit tinggi ke Solok. Kamu bisa menyaksikan pemandangan air danau yang indah.

Danau singkarak dari dulu hingga sekarang tetap menjadi salah satu destinasi wisata masyarakat Sumateta Barat. Dan orang-orang dari provinsi tetangga seperti Pekanbaru dan Jambi.

BACA JUGA: Kopi Sipirok Padang SidempuanTerpilih Tampil di Ajang Hybrid Expo 2022

Ada banyak tempat-tempat objek wisata dimana pengunjung dapat duduk dan menikmati danau singkarak. Mau tahu di mana saja? Yuk, kita intip!

1. Tanjung Mutiara

Tanjung mutiara terdapat di Nagari Batu taba, Kecamatan Batipuh Selatan. Keistimewaan Tanjung Mutiara adalah tepian danaunya yang seperti pantai.

Walapun danau tetapi di tepiannya banyak terdapat kerikikil-kerikil dan pasir-pasir seperti halnya di pantai. Di sini kamu bisa naik perahu sewaan untuk bisa mengelilingi danau.

Wisata Tikalak

2. Dermaga Singkarak

Dermaga terletak di Nagari Singkarak. Di tempat ini kamu bisa mengelilingi danau dengan menaiki perahu atau kapal kecil untuk menikmati indahnya danau Singkarang

Di sini ada banyak penjual makanan, salah satunya penjual pensi dan ikan bilih kering. Ada juga penjual makanan mie goreng, nasi goreng, dan penjual mainan untuk anak-anak.

Selain itu, di sini juga tersedia payung-payung untuk pengunjung yang ingin makan-makan sambil menikmati indahnya danau Singkarak.

Setiap tahun, tepatnya ketika liburan hari raya Idul Fitri, dermaga ini selalu banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Dermaga memiliki lapangan yang luas dan tempat parkir yang cukup besar untuk para pengujung.

Banyak acara digelar di Dermaga karena tempat ini memiliki pentas untuk berbagai petunjukan pentas seni.

BACA JUGA: Libur Lebaran di Padang? Jangan Lupa Kunjungi Masjid Raya Sumatera Barat

3. Tikalak

Bagi Kalian yang Rindu Ketenangan

Guys, Objek wisata Tikalak ini juga bisa dijadikan tempat untuk menikmati keindahan Danau Singkarak.

Caranya adalah, kamu harus sampai dulu ke daerah Tikalak. Daerah Tikalak berada sebelum Nagari Singkarak, kalau posisi kamu dari arah daerah Bukit Tinggi.

Di tempat wisata Tikalak, kamu akan menjumpai deretan kedai-kedai penjual makanan dan minuman.

Kamu bisa mencari spot atau tempat dimana kamu akan merasa tenang dan nyaman. Menikmati keindahan Danau Singkarak.

4. Kem Tikalak

Kem Tikalak berlokasi tak jauh dari objek wisata Tikalak. Namun Kem Tikalak tempatnya lebih kecil. Kedai makanan pun hanya ada tiga.

Disana kamu hanya akan menjumpai delapan pondok yang bisa kamu tempati atau duduki untuk bersantai.

Tapi jangan salah, Guys, walaupun tempatnya kecil, suasana di sini sangat nyaman untuk duduk lesehan dan bersantai.  Atau tidur tiduran di tepi danau.

Tunggu apalagi, Guys. Tempat wisata ini cocok buat kamu yang ingin menikmati keindahan alam dengan suasana yang nyaman dan tenang.

Setenangnya air danau jika kamu rindu ketenangan. Cocok juga buat kamu dan teman-teman yang sedang mencari objek wisata danau.

Kamu bisa berlama-lama menatap air danau, berfoto-foto bersama teman, atau cuma selfi untuk dirimu sendiri. ***

Pos terkait