Jalan-jalan ke Desa Wisata Nglinggo Kulon Progo yang Menyenangkan

Desa Wisata Nglinggo
Perekebunan Teh di Desa Wisata Nglinggo, Kulon Progo. (Source: Dispar Kulon Progo)

TURISIAN.com – Berlibur ke Yogyakarta masih menjadi salah satu pilihan favorit buat para wisatawan domestik maupun mancanegara. Di sini banyak beragam destinasi wisata, mulai dari alam, budaya, kuliner, hingga desa wisata. Seperti Desa Wisata Nglinggo di Kabupaten Kulon Progo.

Desa Wisata Nglinggo kini menjadi satu dari sekian banyak desa wisata di Yogyakarta yang cukup populer. Lokasi desa ini dapat Sobat Turisian tempuh kurang lebih 60-90 menit dengan kendaraan bermotor dari Kota Yogyakarta.

Banyak sekali aktivitas yang menarik bisa Sobat Turisian lakukan saat berkunjung ke desa wisata ini. Bukan merasakan kehidupan pedesaan yang masih tradisional, tapi kalian juga bisa belajar berbagai hal langsung dari masyarakat setempat.

Di sini, Sobat Turisian bisa belajar membuat kuliner lokal seperti gula aren dan geblek. Atau kalian bisa juga pilih belajar kebudayaan tradisional, seperti jathilan, Tari Lengger Tapeng, hingga membuat topeng.

Baca juga: Menyusuri Hamparan Hijau Hutan Mangrove Kulon Progo yang Memukau

Panorama alam di sekitar Desa Wisata Nglinggo ini pun tak kalah seru untuk dieksplor. Ada spot perkebunan teh, hutan pinus, dan satu lagi wisata alam yang cukup menantang, yaitu Curug Watu Jonggol.

Curug tersebut cukup menantang karena akses untuk menuju air terjun ini, Sobat Turisian harus melalui jalur yang cukup terjal. Namun meski begitu, semua itu akan terbayar lunas dengan air terjun yang segar serta suasana yang masih asri.

Berada tidak jauh dari Desa Wisata Nglinggo, ada satu lokasi yang menjadi favorit para pemburu sunrise, yaitu Puncak Suroloyo. Puncak ini merupakan puncak tertinggi dari perbukitan Menoreh. Wisatawan hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit untuk menuju Puncak Suroloyo.

Baca juga: Gunung Kuniran Kulon Progo, Tempat Terbaik Menikmati Pesona Sunset

Buat Sobat Turisian yang berminat untuk menginap, desa wisata Yogyakarta ini telah menyediakan akomodasi penginapan yang cukup lengkap. Tersedia pilihan penginapan, mulai dari homestay, pendopo pertemuan, hingga ragam paket wisata yang bisa Sobat Turisian nikmati sesuai budget kalian.*

 

Pos terkait