Berkunjung ke Pantai Siung Gunungkidul dengan Bentang Alam yang Memukau

Pantai Siung
Pantai Siung Gunungkidul Yogyakarta. (Source: Dispar Gunungkidul)

TURISIAN.comKabupaten Gunungkidul memang surganya objek wisata pantai di Yogyakarta. Di sana Sobat Turisian bisa menemukan deretan pantai dengan pesona dan keunikannya masing-masing. Seperti Pantai Siung salah satunya, yang menyajikan keindahan bentang alam yang memukau.

Pantai ini tidak hanya memiliki pesona alam yang indah, tetapi mempunyai keunikan dari aspek geomorfologi. Sobat Turisian bisa melihat bentang alam yang kekar dengan bebatuan gunung api purba di sisi timur pantai. Sesar bebatuan purba ini membentang sampai ke Pantai Wediombo.

Kemudian bergeser ke sisi barat Pantai Siung ada susunan dari batuan yang berbeda, yaitu tersusun atas batuan gamping. Formasi batu gamping daerah Wonosari terbongkahkan akibat kekar, hingga batu tersebut membentuk tonjolan seperti Siung atau gigi taring.

Fenomena alam tersebut yang mendasari nama pantai yang muncul dari nenek moyang penduduk setempat pada zaman dahulu. Sentuhan stratigrafi antara batuan gunungapi atau tuf dengan batu gamping tidak selaras dan terlihat dengan jelas.

Baca juga: Pesona Pantai Wediombo yang Indah dan Unik dengan Hiasan Bebatuan Purba

Selain itu, fenomena abrasi yang terjadi di Pantai Siung ini menghasilkan bentuk bangunan mirip seperti jamur. Ada juga fenomena lainnya, yaitu berupa endapan-gisik yang terbentuk ketika air laut surut dan permukaan endapan-gisik dengan banyak tumbuh rumput laut.

Spot Panjat Tebing Pantai Siung

Sobat Turisian juga di sisi barat pantai di Gunungkidul yang satu ini, terdapat lereng terjal batu gamping. Lereng ini pun sering menjadi lokasi kegiatan panjat tebing. Bahkan atlet panjat tebing perempuan asal Gunungkidul yang menjuarai pertandingan tingkat ASEAN sering melakukan latihan di tempat ini.

Hal yang menarik lagi, Organisasi Panjat Tebing Indonesia telah menyediakan sekitar 40 jalur pemanjatan di tebing Pantai Siung ini. Dengan jenis tingkat kesulitan pemanjatan yang berbeda-beda.

Di tempat wisata ini pun, Sobat Turisian bisa menikmati berbagai kegiatan yang menarik. Seperti berburu foto-foto eksotis dengan latar bentang alam. Terlebih ketika senja tiba, di mana momen sunset akan tampak begitu indah.

Baca juga: Rasakan Sensasi Keseruan Cave Tubing Kalisuci di Gunungkidul!

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dan masyarakat setempat pun sudah melakukan kerja sama untuk membangun situs geologi Pantai Siung ini sebagai objek dan daya tarik geowisata. Hingga tempat wisata ini telah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Di antaranya tempat parkir, warung makan, sentra oleh-oleh, toilet dan tempat ibadah bagi untuk umat Muslim.*

Pos terkait