Wisata Alam jadi Unggulan dan Andalan Pariwisata Gunungkidul

Wisata Gunungkidul
Kadispar Kab. Gunungkidul M Arif Aldian. (Foto: Ist.)

TURISIAN.com – Kabupaten Gunungkidul yang memiliki luas sekitar 46,63 % dari luas wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terkenal dengan wisata alamnya. Gunungkidul ini menyimpan objek wisata alam yang komplet. Mulai dari pantai, gunung, gua, air terjun hingga embung.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kabupaten Gunungkidul M. Arif Aldian saat bertemu Turisian.com di Yogyakarta. Pada Jumat 23 Sepetember 2022 malam.

“Wisata di Gunungkidul ini memang dominan dengan wisata pantai. Di sini ada kurang lebih 112 pantai dan 68 di antaranya sudah dikelola dengan baik. Sisanya masih belum dan masih dalam kondisi apa adanya. Kemudian ada sekitar 400-an gua, air terjun, embung, gunung, hutan, dan lainnya,” papar Arif.

Masih menurutnya, selain objek alam, Gunungkidul juga memiliki desa wisata yang cukup potensial. Salah satunya Desa Wisata Nglanggeran yang baru-baru ini mendapat penghargaan dari UNWTO.

“Desa Wisata Nglanggeran ini sangat disukai wisatawan asing. Menurut para pelaku usaha wisata, wisatawan asing ini senang menginap di homestay dan senang dengan kearifan lokal serta hal-hal yang bersifat tradisional,” tutur Arif.

Destinasi Wisata Favorit di Gunungkidul

Objek wisata pantai masih menjadi unggulan di Gunungkidul. Jumlah kunjungan wisatawan ke destinasi pantai terpengaruhi dari arah jalur kedatangan wisatawan. Pemilihan jalur inilah yang menentukan titik pantai mana yang banyak pengunjungnya.

Untuk sekarang yang sedang ramai, ada Pantai Kukup, Ngrawe, Drini, dan Pantai Pulang Syawal (Indrayanti) karena rute jalannya sudah mudah wisatawan akses dan lokasinya beredekatan.

Baca juga: Pesona Pantai Wediombo yang Indah dan Unik dengan Hiasan Bebatuan Purba

“Selain itu, ada objek pantai yang banyak wisatawannya sesuai dengan minat dan hobinya. Seperti Watu Lawang menjadi favoritnya anak-anak muda yang hobi naik motor. Kemudian bagi yang suka selancar, ada di Wedi Ombo, panjat tebing di Pantai Siung, main kano di Pantai Drini, dan snorkeling di Sadranan,” sebut Arif.

Pos terkait