Keindahan Coban Sumber Pitu di Malang yang Memukau

Coban Sumber Pitu Malang
Coban Sumber Pitu di Kabupaten Malang, Jatim. (Source: Pemkab Malang)

TURISIAN.com – Kabupaten Malang di Jawa Timur menyimpan objek air terjun yang indah dan memukau begitu Sobat Turisian melihatnya dari dekat. Namanya Coban Sumber Pitu, yang memiliki tujuh titik sumber mata air.

Uniknya lagi, ketujuh sumber mata air yang muncul tersebut berada berdekatan satu dengan yang lainnya. Selain itu, sumber air ini langsung keluar menyembur dari tebing tanah dengan jumlah yang banyak. Jadi Sobat Turisian bisa menikmatinya sekaligus.

Debit air di Coban Sumber Pitu mencapai 1.600 liter/detik, sehingga banyak orang percaya bahwa sumber dan debit air yang keluar tersebut adalah sebuah sungai di bawah tanah. Bahkan masyarakat setempat percaya bahwa air terjun ini masih ada hubungannya dengan Gunung Bromo. Air terjun ini pun sering menjadi tempat ritual oleh masyarakat dari luar desa setempat.

Meski namanya Coban Sumber Pitu, nyatanya ada 14 air terjun di sini. Namun hanya 9 di antaranya  yang berdekatan, sehingga masyarakat sekitar tetap menyebutnya dengan nama tersebut. Ada pula yang menyebutnya sebagai kawasan Petak 100.

Baca juga: Menjajal Keseruan River Tubing Sungai Amprong Desa Wringinanom Malang

Di sekitarnya juga terdapat 4 titik air terjun yang bersebelahan dengan Sumber Pitu. Sementara di bawah air terjun ini, Sobat Turisian juga bisa menemukan satu lagi air terjun yang terkenal dengan nama Coban Tunggal. Aliran kedua air terjun ini mengarah pada sungai yang sama.

Spot Foto di Coban Sumber Pitu Malang

Saat berada di objek wisata Malang ini, Sobat Turisian bisa puas berswafoto atau menyalurkan hobi fotografinya. Spot terbaik untuk bisa mendapatkan gambar dari air terjun ini, yaitu di sebuah batang pohon yang telah berusia puluhan tahun dan tumbang. Dengan akarnya terangkat ke atas yang cukup menarik menjadi objek foto.

Bagi Sobat Turisian yang akan berlibur ke Coban Sumber Pitu, jangan lupa membawa bekal makanan dari rumah. Sebab di objek wisata ini masih belum ada pedagang yang berjualan. Maklum kawasannya masih sangat asri sehingga harus menjaga kelestarian tempat ini.

Lokasi & Rute Coban Sumber Pitu Malang

Destinasi wisata air terjun yang satu ini berlokasi di Desa Duwetkrajan, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sobat Turisian bisa menjangkaunya dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik itu roda dua maupun roda empat.

Ruten ke Coban Sumber Pitu, Sobat Turisian bisa arahkan perjalanan ke Pasar Tumpang. Kemudian ambil jalur ke kawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Hingga sampai di Desa Wringinanom Kecamatan Poncokusumo.

Baca juga: 5 Aktivitas Seru di Desa Wisata Pujon Kidul Malang

Dari situ, kalian teruskan masuk ke Desa Duwetkrajan dan memarkirkan kendaraan di Balai Desa Duwetkrajan. Lalu lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 2 km. Karena kendaraan bermotor tidak memungkinkan untuk masuk sampai titik air terjun.*

 

Pos terkait