Menjajal Keseruan River Tubing Sungai Amprong Desa Wringinanom Malang

River Tubing Sungai Amprong
River Tubing Sungai Amprong di Desa Wringinanom,Malang. (Source: indonesia.travel)

TURISIAN.com – Buat Sobat Turisian yang senang beraktivitas wisata olahraga ekstrem di alam bebas, bisa memacu adrenalinnya dengan menjajal river tubing di Sungai Amprong. Lokasinya berada di Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Kehadiran wahana wisata alam river tubing ini berawal dari kepedulian para pemuda pecinta alam yang ingin memanfaatkan potensi wisata desa mereka. Supaya Desa Wringinanom tidak sekadar menjadi tempat peristirahatan bagi peserta jeep tour Bromo.

Untuk idenya terinspirasi dari permainan anak-anak desa yang senang berseluncur di sungai naik gedebog pisang. Dari situlah muncul ide dari seorang pemuda bernama Galuh dan beberapa orang kawannya untuk membuka wisata River Tubing Sungai Amprong.

River tubing merupakan kegiatan menelusuri sungai dengan mengendarai ban. Cocok berlangsung di sungai berperairan dangkal seperti Sungai Amprong.

Alternatif wisata alam ini pun lambat laun berkembang dan makin tenar di kalangan wisatawan. Hal ini berkat usaha Galuh serta para pemuda pegiat pariwisata untuk berkolaborasi dengan operator jeep tour ke Bromo.

Operator River Tubing Desa Wringinanom

Di sana ada 3 operator river tubing yang beroperasi di area Sungai Amprong yang bisa Sobat Turisian pilih. Salah satunya Banyumaro yang merupakan operator di Desa Wringinanom yang pengelolaannya oleh anak muda setempat.

Baca juga: Arca Dwarapala Kerajaan Singasari Menjadi Spot Menarik di Malang

“Nama Banyumaro artinya aliran air yang terbelah. Karena memang ada titik di mana Sungai Amprong terbelah menjadi 2 aliran sungai,” tutur Galuh, dikutip dari laman indonesia.travel.

Saat Sobat Turisian mencoba aktivitas river tubing Sungai Amprong di Desa Wringinanom akan semakin seru. Sebab dalam perjalanan menuju titik pemberangkatannya, kalian bisa menikmati pemandangan alam yang indah pada kedua sisi jalannya.

Tampak hijaunya ladang selada air yang menjadi hasil bumi kebanggaan warga setempat. Sehingga membuat kegiatan jalan kaki mendaki bukit tak terlalu melelahkan, justru malah menyenangkan.

Soal keamanan River Tubing Sungai Amprong, tak perlu Sobat Turisian khawatirkan. Sebab selain memberikan pengarahan, para petugas pendamping juga terjun langung mendampingi pengunjung selama melakukan river tubing.

Homestay & Jeep Tour Desa Wringinanom

Jika Sobat Turisian sudah puas bermain di sungai, dapat menginap semalam di homestay milik warga setempat. Agar bisa melanjutkan perjalanan jeep tour ke Bromo keesokan harinya.

Baca juga: 5 Aktivitas Seru di Desa Wisata Pujon Kidul Malang

Sobat Turisian yang menginginkan rute jeep yang berbeda, bisa menyampaikan keinginannya kepada operator jeep tour di Desa Wringinanom tersebut. Terkait fleksibilitas pengaturan agenda perjalanan, para pelaku pariwisata di sana selalu siap membantu.*

Pos terkait