Nikmati Kesegaran Alam di Air Terjun Andawe Konawe!

Air Terjun Andawe
Air Terjun Andawe, Konawe. (Source: Dispar Sultra)

TURISIAN.com – Air Terjun Andawe merupakan objek wisata alam yang berada dalam kawasan hutan yang masih alami di Kabupaten Konawe. Di tempat ini Sobat Turisian bisa menikmati kesegaran alam, mulai dari aliran airnya yang jernih dan dingin hingga udara sekitar yang sejuk.

Namun sebelum mencapai titik air terjun ini, Sobat Turisian perlu meniti anak tangga dengan aliran air yang sengaja dibentuk untuk memperindah destinasi wisata ini. Pemerintah Kabupaten Konawe pun sudah membangun tiga buah gazebo yang berada di bawah air terjun.

Air Terjun Andawe memiliki ketinggian sekitar 50 meter, debit airnya cukup deras dan langsung jatuh dengan suara yang memecah keheningan hutan. Sayangnya, tidak ada kolam pada bagian bawah air terjun ini sebagai tempat untuk bermain air.

Selain itu, ketinggian airnya juga cukup dangkal. Sehingga beresiko tinggi untuk Sobat Turisian yang ingin melompat dari ketinggian untuk menikmati segarnya air terjun ini. Meski begitu, tempat wisata ini sangat menarik kalian kunjungi bersama keluarga atau teman.

Nah buat Sobat Turisian yang hobi berfoto atau wisata selfie, tempat ini bisa menjadi pilihan tepat untuk spot foto yang kece dan instagrammable. Pas banget untuk menambah koleksi foto di media sosial kalian.

Baca juga: Pulau Saponda Laut, Surga Terpencil di Tengah Lautan Konawe

Suasana di objek wisata Air Terjun Andawe yang masih alami berpadu dengan panorama air terjun. Sehingga membuat Sobat Turisian betah berlama-lama. Pemandangan seperti ini juga tidak mudah kalian dapatkan di Sultra, pasalnya bentangan air terjun bertingkat mendominasi di Sultra.

Menariknya lagi, selain menyajikan panorama alam yang memesona, wisata air terjun ini pun tiket masuk sangat terjangkau. Kemudian lokasinya mudah untuk Sobat Turisian akses.

Sebelumya Air Terjun Andawe belum terkenal oleh masyarakat luas. Karena posisinya yang berada di tengah hutan belantara. Kala itu hanya warga setempat yang kesehariannya mencari kayu atau rotan di hutan yang menikmatinya. Setelah ada pembukaan akses jalan menuju ke titik tersebut, air terjun ini mulai ramai pengunjung.

Lokasi & Rute Menuju Air Terjun Andawe

Destinasi wisata air terjun yang satu ini terletak di Desa Matahori, Kecamatan Padangguni, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Sobat Turisian bisa mengaksesnya dari Kota Kendari dengan jarak sekitar 98 km atau perjalanan selama kurang lebih 3 jam. Kalian bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Baca juga: Takjub, Melihat Pesona Lautan Awan di Desa Ahuawali Konawe!

Sementara rute dari Unahaa, Sobat Turisian dapat menuju ke arah Kecamatan Abuki. Begitu memasuki Kecamatan Padangguni hamparan persawahan akan memanjakan mata sepanjang perjalanan ke Air Terjun Andawe.*

 

Pos terkait