Tiga Ekowisata Mangrove di Surabaya yang Seru Buat Liburan Akhir Pekan

Ekowisata Mangrove Surbaya
Ekowisata Mangrove Gunung Anyar. (Source: Disbudporapar Surabaya)

TURISIAN.com – Ada sejumlah ekowisata mangrove di Surabaya yang seru buat Sobat Turisian kunjungi bersama keluarga atau kawan saat liburan akhir pekan. Selain menyenangkan, wisata ke kawasan hutan mangrove juga bisa menambah wawasan dan turut melestarikan lingkungan.

Sedikitnya ada tiga ekowisata mangrove di Surabaya yang dapat Sobat Turisian pilih sebagai tujuan liburan nanti. Berikut ketiga objek wisata alam tersebut, yaitu:

1. Ekowisata Mangrove Medokan Sawah
Ekowisata Mangrove Surabaya
Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. (Source: Disbudporapar Surabaya)

Wisata Mangrove Medokan Sawah ini memiliki luas kurang lebih 16 ha yang menjadi Kebun Raya Mangrove Surabaya. Di ekowisata mangrove Surabaya ini Sobat Turisian dapat menikmati pula sejumlah fasilitas pendukung yang sudah tersedia.

Di antaranya ada spot foto keren yang berasal dari akar mangrove dan ranting bambu. Kemudian Sobat Turisian juga bisa mencoba wisata air dengan sistem pembayaran yang unik. Caranya, kalian harus membeli 2 bibit mangrove ke petani mangrove untuk 1 orang.

Lokasi: Jl. Medokan Sawah Timur Segoro, Surabaya, Jawa Timur.

2. Ekowisata Mangrove Gunung Anyar

Ekowisata mangrove di Surabaya yang berikutnya, ada Wisata Mangrove Gunung Anyar. Lokasinya pun berada di Surabaya bagian timur. Hutan bakau di Surabaya ini memiliki luas mencapai 25 hektare.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Seru Wajib Disinggahi saat Melancong ke Surabaya

Destinasi wisata ini pun sudah lengkap dengan berbagai fasilitas. Yaitu ada area jogging track sepanjang 630 m, wisata perahu, menara pantau setinggi 12 m, spot foto, dan berbagai macam fasilitas menarik lainnya. Selain itu, terdapat pula kegiatan penanaman dan pembibitan mangrove sebagai bentuk pelestarian dan pencegahan abrasi.

Lokasi: Jl. Wisata Mangrove Gunung Anyar Tambak, Surabaya, Jawa Timur.

3. Ekowisata Mangrove Wonorejo
Ekowisata Mangrove Surabaya
Ekowisata Mangrove Wonorejo. (Source: Disbudporapar Surabaya)

Satu lagi ekowisata mangrove di Surabaya yang tak boleh Sobat Turisian lewatkan, yakni wisata Mangrove Wonorejo. Kawasan ini merupakan area konservasi hutan bakau (mangrove), dengan luas area sekitar 200 hektare.

Secara geografis dan ekologis, wilayah ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi Kota Surabaya. Salah satu fungsinya adalah untuk mencegah ancaman intrusi air laut. Keberadaan hutan mangrove juga menjadi rumah bagi ratusan spesies burung yang bermigrasi.

Baca juga: Yuk Jalan-Jalan ke Monumen Kapal Selam di Surabaya, Buat Tambah Pengetahuan!

Keindahan Ekowisata Mangrove Wonorejo ini dapat Sobat Turisian nikmati dengan melewati area jogging track sepanjang kurang lebih 1 km. Atau dengan menyusuri sungai menggunakan perahu yang tersedia di area ekowisata mangrove Surabaya yang satu ini.

Lokasi: Jl. Raya Wonorejo No. 1, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Pos terkait